Scroll to Top

10 Jurusan yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

By anakunsri / Published on Wednesday, 20 Apr 2016 10:59 AM / No Comments / 2386 views

10 Jurusan yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja. Ada banyak faktor seseorang mudah memperoleh pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi, bisa faktor kemampuan pribadi atau faktor lain di luar diri sendiri.

10 Jurusan yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

Kesesuaian latar belakang pendidikan Anda dengan tren karier yang berkembang belakangan juga bisa memengaruhi. Menurut survei yang dilakukan oleh Higher Education Statistics Agency di Inggris, seperti dikutip dari Telegraph, ada 10 jurusan yang alumninya paling mudah memperoleh pekerjaan. Apa saja?

10 Jurusan yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

10. Fisika
Sekitar 89,9 persen dari seluruh sarjana Ilmu Fisika di rentang waktu 2010-2011 menemukan pekerjaan atau melanjutkan studi mereka paling lambat 6 bulan setelah lulus.

9. Matematika

Para lulusan Matematika terkenal banyak dicari di lapangan pekerjaan. Menurut survei ini, sebanyak 89,9 persen alumni jurusan Matematika yang lulus tahun 2010/2011 juga sudah mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi paling tidak 6 bulan setelah lulus.

8. Sejarah dan Filsafat
Kehadiran dua jurusan ini dinilai mengejutkan. Pasalnya, sekitar 90,1 persen lulusannya juga telah menemukan pekerjaan atau meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi hanya dalam 6 bulan. Mereka kerap menyingkirkan pencari kerja lainnya dalam lapangan kerja umum, bahkan yang berasal dari jurusan Teknik, Arsitektur, dan Ilmu Komputer.

7. Bahasa
Kemampuan untuk berbicara dalam bahasa asing merupakan kemampuan yang sangat berharga dalam bursa lapangan kerja dewasa ini. Pada rentang waktu 2010/2011, sekitar 90,3 persen lulusan Bahasa bekerja sesaat setelah lulus.

6. Biologi
Belajar Biologi tentu saja tak selalu harus di lapangan. Banyak bidang pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan jurusan ini, apalagi yang terkait bioteknologi dan industri terkait yang kini tengah booming. Tercatat, sekitar 90,9 persen sarjananya segera memperoleh pekerjaan atau melanjutkan studi setelah lulus.

5. Pertanian dan jurusan lain yang terkait
Pertanian sering dianggap kurang elite dalam pendidikan tinggi. Namun, dewasa ini, pertanian dan bidang lain yang terkait memiliki lapangan kerja yang luas dan ilmu yang berguna secara langsung. Setidaknya, sekitar 91,3 persen sarjana yang lulus pada tahun 2010/2011 menemukan bekerja hanya dalam enam bulan setelah lulus.

4. Hukum
Jika hanya diberi satu pilihan jurusan yang dijamin lulusannya bakal cepat bekerja dengan gaji yang sesuai pula, pastilah itu jurusan Hukum. Sudah bukan rahasia lagi, para alumni lulusan ini mudah mencari kerja. Menurut survei, 91,9 persen lulusan Hukum di tahun 2010/2011 langsung bekerja setelah lulus.

3. Jurusan terkait obat-obatan
Lapangan pekerjaan jurusan yang terkait obat-obatan sangat luas, salah satunya saja biomedis serta neurologi. Sekitar 94 persen alumni jurusan ini cepat memperoleh pekerjaan setelah lulus.

2. Pendidikan
Dengan pendidikan di tempat kedua, survei ini makin menunjukkan kebutuhan yang besar akan guru. Menurut survei, sekitar 94,8 persen alumninya langsung bekerja sesaat setelah lulus dari perguruan tinggi.

1. Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran Hewan
Para lulusan dari jurusan ini memang dikenal cepat memperoleh pekerjaan begitu lulus. Survei menunjukkan sekitar 99,4 persen para lulusan kedokteran mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi paling tidak 6 bulan setelah lulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

beasiswa
Begini 5 Cara Dapat Beasiswa ke Luar Negeri Meski Nilai Pas-pasan
Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus
Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus 2016/2017 Telah Dibuka!
Beasiswa Kuliah S1 dan S2 di Korea Selatan
Beasiswa Kuliah S1 dan S2 di Korea Selatan Full Akomodasi
Informasi Beasiswa S2 di China untuk Mahasiswa Indonesia
Informasi Beasiswa S2 di China untuk Mahasiswa Indonesia
lowongan kerja gojek
Lowongan Kerja Gojek Mei 2016
Lowongan Kerja Palembang PT. Indosat Ooredoo
Lowongan Kerja Palembang PT. Indosat Ooredoo Mei 2016
lowongan kerja di traveloka
Lowongan Kerja di PT. Traveloka Indonesia
lowongan kerja migme
Lowongan Kerja di Migme Indonesia
Dosen Inspirasi Kontroversial Lifestyle Mahasiswa Opini Pendidikan Pojok Religi
10 tips persiapan wisuda unsri
10 Tips Persiapan Wisuda yang Harus Kamu Perhatikan
Anies Baswedan Dicopot
Anies Baswedan Dicopot, Barangkali itu Strategi Politik
organisasi mahasiswa
Seberapa Pentingkah Organisasi bagi Mahasiswa?