Scroll to Top

11 Alasan Kenapa Pejuang Skripsi adalah Kaum yang Paling Kuat dan Tangguh

By anakunsri / Published on Friday, 10 Mar 2017 02:59 AM / No Comments / 597 views

pejuang skripsi

Kamu yang pernah atau sedang mengerjakan skripsi, pasti merasakan berbagai  suka dan duka selama proses pembuatannya. Mulai dari stres, dikejar-kejar dosen, sampai diteror dengan pertanyaan “Kapan lulus?”. Melalui berbagai rintangan dan cobaan ini, pejuang skripsi patut mendapatkan predikat sebagai kaum paling kuat dan tangguh di dunia.

1. Kuat menunggu dosen pembimbing dari pagi sampai sore

Seringkali para pejuang skripsi memiliki nasib buruk dan mendapatkan dosen pembimbing yang memiliki jadwal seperti Presiden. Susaaahhhh banget ditemuinya! Mau gak mau kamu harus mengorbankan waktu pribadimu ketika si dosen minta ditemui saat weekend! Arrgghhh!

2. Kuat ketika idenya ditolak berkali-kali 

Ngajuin judul, ditolak. Ngajuin judul untuk kesekian kalinya, ditolak lagi. Ini skripsi atau lagi nembak cewek sih? Tapi tetap tenang, dari 1,000 judul yang kamu ajukan, pasti ada satu yang disetujui oleh dosen kok!

3. Kuat menghadapi kritik dosen 

Selain menghadapi penolakan, pejuang skripsi juga sudah terbiasa menerima kritik pedas dari dosen. Dibilang konsepnya kurang dalam, narasumber kurang kredibel, sampai teori yang kurang kuat. Ketika itu terjadi, kamu cuma bisa mengangguk-ngangguk mendengarkan kritikan dosen pembimbing, padahal dalam hati… #JambakRambut

4. Kuat mengerjakan revisi yang segunung 

Setelah dikritik habis-habisan, saatnya mengerjakan revisi! Emang sakit rasanya melihat coretan-coretan dengan tinta merah di draft skripsimu, tapi harus tetap dikerjakan dong! Apalagi ada printer yang hemat dan gak nguras kantong seperti Canon PIXMA. Nge-print draft baru lagi jadi gak masalah deh!

5. Kuat begadang semalam suntuk 

Berbekal kopi hitam dan cemilan, pejuang skripsi siap begadang semalam suntuk demi kelulusan mereka. Siap-siap bermata panda deh besok!

6. Kuat memandang laptop lebih dari 10 jam sehari

Ketika mengerjakan skripsi, mau gak mau kamu harus rela memandang layar laptop lebih dari 10 jam sehari, terutama saat kamu terpaksa harus begadang. Selalu ingat untuk mengistirahatkan matamu sesekali ya.

7. Kuat mengeluarkan banyak uang untuk nge-print

Ini adalah salah satu rintangan terberat bagi para pejuang skripsi, sudah susah, harus mengeluarkan uang pula! Apa lagi mencetak skripsi tuh gak mungkin cuma satu atau dua lembar, tapi bisa puluhan. Makanya, pakai printer Canon PIXMA G-Series yang bisa nge-print sampai 6,000 halaman hitam putih dan 7,000 halaman berwarna dengan hasil yang maksimal tapi tetap irit. Dengan printer ini, kamu gak akan bokek cuma gara-gara mencetak skripsi deh!

8. Kuat membaca lebih dari sepuluh buku tebal 

Di dalam skripsi, biasanya ada syarat untuk mencantumkan sumber minimal dari sepuluh buku yang berbeda. Untuk mendapatkan sepuluh buku itu, kamu akan menjelajah perpustakaan kampus sampai ke perpustakaan universitas lain. Untungnya sekarang sudah banyak e-book yang sedikit meringankan tugas para pejuang skripsi.

9. Kuat menghadapi cobaan ketika file skripsi gak sengaja kehapus

AAAAAAKKKK!!! #SeranganJantung. Untuk menghindari hal ini, pastikan kamu menyimpan file cadangan di beberapa tempat, flash disk, Google Drive, Dropbox, sampai di email-mu sendiri. Kamu juga bisa mencetakfile skripsi lebih dari satu copy, satu buat dosen, satu buat kamu, satu buat cadangan, dan satu buat cadangannya cadangan. Gak ada salahnya kan jaga-jaga. Kalau kamu merasa rugi mencetak banyak file, pakailah printer yang hemat dan gak bikin bokek seperti Canon PIXMA. Walaupun irit, kualitasnya tetap maksimal, lho. Kalau sudah terlanjur gak punya backup file, yah… mau gak mau cuma bisa pasrah sambil nangis di pojokan kamar.

10. Kuat mendengar pertanyaan, “Kapan lulus?”

Hhhhh… Cobaan apa lagi ini?! Mulai dari ibu, ayah, tante, oom, kakek, nenek, tetangga, sepupu, pak RT, sampai mas tukang bakso melontarkan pertanyaan yang sama, “Kapan lulus?” Para pejuang skripsi jadi gak pernah keluar rumah karena takut menghadapi teror dari pertanyaan paling menyeramkan di dunia ini. Tapi semakin lama mereka akan semakin kuat dan kebal menghadapinya.

11. Kuat melaksanakan sidang skripsi dengan penguji yang terkenal killer

Pejuang skripsi akan mengumpulkan segenap keberanian dan nyali untuk melaksanakan sidang skripsi, terutama jika kamu apes dan mendapatkan penguji yang killer dan sangat kritis. Supaya gak deg-degan saat sidang, pastikan kamu sudah menyiapkan semua keperluan, mulai dari laptop, file presentasi, sampai cetakan fisik skripsi-mu. Jika semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, sidangmu pun akan berjalan lancar.

Nah, 11 hal ini membuktikan bahwa para pejuang skripsi merupakan kaum paling kuat di dunia. Mereka berhasil melewati berbagai rintangan dan cobaan selama perjalanan mereka menuju kelulusan. Ketika akhirnya dinyatakan lulus, perjuangan yang selama ini kamu lakukan akan terbayarkan kok, percaya deh. Jangan gampang menyerah ya, pejuang skripsi. Kamu pasti bisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *