5 Alasan Memulai Bisnis di Bangku Kuliah

0
36
5 Alasan Memulai Bisnis di Bangku Kuliah

Salam Optimis! Mahasiswa harus optimis, alright?

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak teman-teman mahasiswa untuk lebih mendalami tentang apa yang dikenal sebagai entrepreneurship. Tulisan ini terinspirasi dari postingan di startupbisnis.com.

Banyak orang beranggapan kuliah itu saatnya mencari ilmu dan aktif di berbagai kegiatan keorganisasian. Nah, sayangnya banyak mahasiswa yang hanya berorientasi pada nilai semata. IPK oriented lah kata orang itu. Emang gak salah, soalnya IPK juga penting ketika akan melamar kerja. Namun alangkah baiknya ketika kuliah mahasiswa coba membuat sesuatu karya yang penting, apapun itu. Berbisnis pun termasuk berkarya karena bisnis membuat orang make something!

Berikut adalah 5 alasan kenapa mahasiswa sangat dianjurkan untuk memulai bisnis saat kuliah:

1. Meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan

Di seluruh Indonesia ada sekitar 5 juta mahasiswa yang tersebar di kampus negeri dan swasta. Akuilah kalau kebanyakan mereka kesulitan mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan terlebih keadaan ekonomi negara kita yang tidak stabil. Jika anda ketika melamar pekerjaan mengatakan bahwa selama kuliah anda telah mencoba mengembangkan sebuah bisnis, hal itu menarik perhatian bagi perusahaan tersebut untuk merekrut anda. Menjadi seorang pengusaha ketika kuliah menunjukkan kalau anda adalah orang yang memiliki motivasi tinggi, mandiri, dan punya keinginan untuk sukses yang besar. Dan CV anda akan terlihat puluhan kali lebih mengagumkan ketika menulis ” CEO (dari perusahaan tertentu)” ketimbang hanya menjadi anggota klub atau organisasi.

2. Waktu terbaik untuk gagal

Tidak ada tempat terbaik untuk gagal selain bangku kuliah. Ketika kuliah anda masih berusia muda dan penuh gairah meski kurang pengalaman. Nah, kesalahan-kesalahan sering dibuat selama kita menjalani bisnis. Meskipun itu pahit namun lebih baik ketika menanggung kegagalan itu sendirian atau team anda tanpa perlu melibatkan keluarga. Gagal bisnis ketika kuliah berbeda rasanya ketika gagal berbisnis ketika sudah berkeluarga. Ada banyak faktor kenapa kuliah adalah tempat terbaik untuk mulai berbisnis.

3. Akses terbaik untuk sumber daya

Berada di universitas berarti Anda memiliki ribuan mahasiswa untuk mengetes ide Anda, melakukan riset pasar, terkadang universitas juga menyediakan dana finansial untuk membantu bisnis Anda, akses gratis untuk buku-buku mahal dan laporan riset pasar di perpustakaan, dan keuntungan yang dapat diperoleh dari himpunan-himpunan entrepreneur. Kesemuanya ini hal yang tak ternilai. Dan universitas adalah tempat yang fantastis untuk membangun jaringan (networking) pertemanan. Anda dapat mendatangi teman Anda yang orang tuanya adalah entrepreneur atau professor yang memahami satu atau dua hal tentang menjalankan bisnis.

4. Pengalaman dan kesenangan

Pelajaran yang Anda pelajari, pengalaman yang Anda dapatkan, dan kesenangan yang Anda peroleh sejak awal akan menjadi alasan keseluruhan yang tak ternilai harganya. Menjalankan bisnis Anda sendiri adalah suatu penghargaan besar dan dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Anda akan memperoleh penghasilan dan pengalaman dari melakukan hal yang sesungguhnya Anda senangi! Di samping itu, menjalankan bisnis sendiri juga dapat membantu Anda mempersempit pilihan karir yang Anda inginkan, yang seringkali sulit untuk diputuskan. Sebagai tambahan, Anda akan bertemu orang-orang yang menyenangkan selama perjalanan, yang mungkin akan menjadi kontak bisnis yang bermanfaat di masa depan.

5. Menjadi kaya sebelum 30 atau paling tidak punya uang jajan lebih banyak

kevin systrom pendiri instagram,instagram,pendiri instagram,kevin systrom,kevn systrom instagram

Kevin Systrom pendiri instagram, kaya di usia muda

Memulai bisnis ketika kuliah membuat anda sudah memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis. Hal itu membuat anda semakin pintar dan cerdik untuk melihat peluang yang datang. Berbekal pengalaman itu anda dapat meraih sukses sebelum usia 30. Sebab anda sudah punya beberapa tahun kegagalan di usia muda. Kalau pun belum kaya paling tidak anda punya duit jajan lebih banyak dari orang kebanyakan.

Nah demikianlah tulisan kali ini. Semoga bermanfaat bagi anak Unsri semua