5 Sikap yang Harus Dimiliki Mahasiswa Baru

0
429
sikap yang harus dimiliki mahasiswa baru

Hasil SNMPTN telah diumumkan. Ada sebanyak 133.604 siswa yang dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) se-Indonesia. Sebagai calon mahasiswa baru tentunya harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambut dunia baru yang bernama kuliah.

Dunia kuliah adalah dunia baru yang sangat berbeda dengan masa-masa sekolah. Di masa kuliah, tingkat kemandirian seseorang dituntut semakin tinggi, meskipun nanti masih banyak yang kuliah tetap tinggal bersama orang tua. Namun banyak juga yang akan pergi dari rumah untuk mengejar cita-cita di bangku kuliah.

Menurut saya ada beberapa sikap dan hal yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa baru.

1. Manajemen waktu
Ini bukan sekadar berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mempelajari sesuatu pada saat kuliah, tetapi apa yang Anda dapat selesaikan selama waktu tersebut.

Menghabiskan 40 jam untuk mempersiapkan ujian dan hanya meraih C tentu hanya membuang-buang waktu. Kembangkan perencanaan studi dan belajarlah untuk mengelola waktu dengan efektif untuk mengoptimalkan hasilnya.

2. Motivasi
Jika Anda tidak termotivasi dan memiliki sikap yang buruk, sesi belajar Anda tidak akan produktif. Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk melampaui ujian Geometri atau menyelesaikan makalah.

Ambil waktu dalam sehari dimana Anda dapat memperoleh motivasi untuk menyiapkan tes, menulis esai dan menyelesaikan masalah.

3. Konsentrasi
Kemampuan untuk berkonsentrasi adalah salah satu keahlian belajar yang penting untuk dikembangkan. Anda tidak akan selalu berada dalam ketenangan suasana atau menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk menyelesaikan suatu tugas nanti.

Belajarlah cara-cara untuk mengatasi gangguan sehingga Anda dapat memfokuskan seluruh perhatian pada studi Anda.

4. Sikap tak malu bertanya saat ada kesulitan
Jika Anda tidak yakin atau belum paham dengan suatu topik, jangan malu bertanya. Bertanyalah pada dosen Anda, keluarga atau teman.

Penting untuk mengenal dan menyelesaikan suatu masalah sesegera mungkin. Di lain sisi, Anda memiliki waktu lebih banyak untuk bisa mempelajari hal-hal lainnya.

5. Aktif

Banyak mahasiswa baru yang merasa kebingungan. Nah itu wajar, oleh karena itu aktiflah bertanya. Bertanyalah kepada teman, cari orang yang tahu, kalau perlu datang ke jurusan atau dekanat bila ada yang dirasa kurang dimengerti. Jangan terlalu terpaku pada informasi di dunia maya seperti via Facebook atau Twitter sebab tidak semua informasi diinfokan lewat sosial media. Aktiflah membaca mading dan papan pengumuman di kampus.