6 Cara Asyik Belajar Sejarah yang Tak Pernah Kamu Bayangkan

0
180
cara belajar sejarah

Sejarah…

Setelah mendengar kata itu yang terlintas di benak kita tentu museum yang tidak terawat, buku-buku tebal yang berdebu, serta cerita-cerita simpang siur terkait masa lalu. Meskipun begitu, sejarah merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Apa yang terjadi hari ini merupakan hasil dari apa yang terjadi di masa lalu.

Masalahnya sekarang ini sedikit banget anak muda Indonesia yang gemar atau tertarik mempelajari sejarah. Padahal menuru Bung Karno “Negara yang besar adalah negara yang menghargai jasa para pahlawannya.” Bagaimana mau menghargai jasa para pahlawan kalau tidak tahu siapa pahlawan yang berjuang demi bangsa ini.

Nah, buat kamu yang masih muda dan punya minat untuk mempelajari sejarah. Ada banyak kok cara asyik belajar sejarah. Jadi kamu ga musti baca buku yang tebalnya ratusan dengan bahasa tingkat “Dewa”. Yuk simak cara asyik belajar sejarah di era masa kini.

1. Musik

sejarah, bangsa, indonesia,sejarah indonesia,sejarah bangsa indonesia,bangsa indonesia,belajar sejarah,belajar sejarah indonesia,belajar sejarah bangsa indonesia,cara belajar sejarah

Saat ini sudah banyak musisi Indonesia yang ingin mengenalkan anak muda Indonesia dengan budaya bangsa melalui musik. Meskipun secara lirik lagu tidak ada unsur sejarahnya, tapi nuansa aransemennya coba dibangun dengan suasana masa lalu. Beberapa musisi yang sukses bergaya retro adalah Club80′s , Naif, White Shoes & The Couples Company.

Grup musik konsisten dengan gaya masa lalu yang mereka usung. Salah satu yang paling keren tentu saja lagu “Keroncong Protol” milik Bondan & Fade 2 Black. Mereka sukses membuat lagu keroncong yang dibalut dengan musik masa kini.

2. Film

sejarah, bangsa, indonesia,sejarah indonesia,sejarah bangsa indonesia,bangsa indonesia,belajar sejarah,belajar sejarah indonesia,belajar sejarah bangsa indonesia,cara belajar sejarah,film sejarah

Film bertema sejarah sedang laku dan digemari di Indonesia. Berbagai genre yang menonjolkan sisi sejarah makin banyak ditemui sekarang. Jadi tidak sekedar film Horor Seks lagi yang mendominasi di Indonesia. Mulai dari film Sang Pencerah, Ca Bau Khan, hingga Gie. Semuanya menarik untuk ditonton dan sarat nilai moral kebangsaan.

3. Novel

sejarah, bangsa, indonesia,sejarah indonesia,sejarah bangsa indonesia,bangsa indonesia,belajar sejarah,belajar sejarah indonesia,belajar sejarah bangsa indonesia,cara belajar sejarah,novel sejarah

Selain film dan musik, cara asyik menikmati belajar juga melalui novel. Berbeda dengan buku sejarah kebanyakan, novel sejarah biasanya menggunakan cerita yang seru dan mendebarkan sehingga tidak membosankan. Beberapa novel sejarah yang banyak menarik banyak perhatian adalah Da Vinci Code karya Dan Brown, Gadjah Mada karya Langit Kresna, dll.

4. Teater

sejarah, bangsa, indonesia,sejarah indonesia,sejarah bangsa indonesia,bangsa indonesia,belajar sejarah,belajar sejarah indonesia,belajar sejarah bangsa indonesia,cara belajar sejarah,anak unsri

Ga cuma film yang dapat menarik perhatian anak muda tentang sejarah. Teater juga sangat menarik untuk ditonton terlebih ketika mengangkat teman sejarah masa lampau. Beberapa kali menonton Teater Gabi yang membahas tentang sejarah dan itu cukup fascinating. Ini akun Twitter Teater Gabi.

5. Clothing / fashion

sejarah, bangsa, indonesia,sejarah indonesia,sejarah bangsa indonesia,bangsa indonesia,belajar sejarah,belajar sejarah indonesia,belajar sejarah bangsa indonesia,cara belajar sejarah

Nah ternyata kaos ga cuma dipake untuk gaya-gayaan tapi juga sebagai sarana untuk mengedukasi orang lain seputar sejarah bangsa. Salah satu pionirnya adalah Soekitman Cloth Story, yang fokus pada clothing yang berbau sejarah. Salut!

6. YouTube

sejarah, bangsa, indonesia,sejarah indonesia,sejarah bangsa indonesia,bangsa indonesia,belajar sejarah,belajar sejarah indonesia,belajar sejarah bangsa indonesia,cara belajar sejarahfilm sejarah,musik sejarah,sejarah musik indonesiasejarah musik,film bertema sejarah

Hari gini siapa sih yang gak tahu YouTube, situs video sharing terbesar di dunia. Hampir-hampir seluruh video yang ada di dunia ini ada di situs tersebut. Nah, cara seru lainnya untuk belajar sejarah adalah dengan cara menonton video di YouTube. Tapi tentu aja bukan Justin Bieber yang dicari, tapi sejarah bangsa. Coba deh search video Bung Karno pasti merinding dan bergetar banget liatnya. Baru tahu kita kenapa Seluruh Rakyat Indonesia mempercayakan nasib bangsa sama Bung Karno karena orangnya berwibawa banget.

Ini video Bung Karno saat pidato di depan rakyat Jakarta. Sumpah Keren BANGETTT!