by

7 Pekerjaan dengan Potensi Penghasilan Tinggi

-Karir-73 views

Setelah tamat kuliah tentu harapan seorang lulusan universitas adalah untuk segera mendapatkan pekerjaan. Begitu juga yang banyak diharapkan oleh Anak Unsri pada umumnya. Banyak yang berharap bisa sesegera mungkin mendapatkan pekerjaan setelah tamat kuliah dari Universitas Sriwijaya, tentu bukan asal kerja tapi juga dengan gaji yang tinggi.

Pekerjaan yang menarik ditambah dengan gaji yang tinggi adalah harapan setiap orang. Namun sudah lazim diketahui kalau pekerja tidak dapat melampaui pendapatan dari bosnya.

Namun hal itu tidak menutup kemungkinan anda bisa kaya dari pekerjaan anda. Jika anda memilih pekerjaan yang tepat, anda bisa hidup makmur meskipun tidak kaya raya.

Ane enggak sengaja baca-baca di BusinessInsider.com, ternyata ada beberapa pekerjaan yang berpotensi menghasilkan pendapatan yang besar. Meskipun artikelnya ditujukan untuk orang Amerika. Tidak ada salahnya itu menjadi referensi kita sebagai mahasiswa.

Ada pendapat yang ane suka dari Eyal Ophir.Menurutnya seseorang yang bisa mengurus satu proyek ke proyek yang berbeda dihargai sangat tinggi di negara manapun.

“Siapapun yang dapat secara efisien beralih mengerjakan pelbagai proyek akan dinilai sebagai aset berharga di industri manapun,”ujarnya.

Jika merasa bisa mengerjakan banyak hal yang berbeda-beda dalam satu waktu, barangkali beberapa pekerjaan berikut cocok bagi anda. Ini dia tujuh pekerjaan potensial dapat gaji tinggi:

1. Event Organizer

Jasa penyelenggara acara (event organizer/EO) saat ini semakin merambah segala bidang. Mulai dari acara pernikahan sampai penggalangan dana amal perusahaan, ramai-ramai menggunakan bantuan EO.

Semakin beragamnya urusan EO, tidak lagi identik dengan menyelenggarakan konser musik, membuat pekerjaan di bidang ini menjanjikan. Namun, tentu saja, menjadi bagian dari EO membutuhkan konsentrasi ekstra. Dari hal besar seperti anggaran sampai warna karpet dan dekorasi menjadi urusan anda.

Di Amerika, rata-rata pekerja EO bisa meraup USD 27.000 sampai USD 77.000( sekitar Rp250-700 juta)

2. Pelayanan Konsumen

Setiap perusahaan pasti memiliki divisi konsumen untuk memantau apa yang dirasakan pelanggan mengenai produk mereka. Saat ini, tugas semacam itu tidak bisa hanya dibebankan pada pegawai kehumasan.

Semakin banyak orang yang khusus ditugaskan memantau semua media, baik elektronik, cetak, sampai jejaring sosial di Internet untuk memantau keberadaan keluhan atau pertanyaan konsumen.

Orang semacam ini akan mengurus banyak hal, mulai dari menanggapi keluhan, surat pembaca, sampai penjelasan masalah sebuah produk ke media massa.

Untuk pekerjaan yang sangat kompleks dan berisiko mendatangkan stres itu, di negara-negara Barat seorang kepala divisi konsumen saban tahun berpeluang meraup gaji sebesar USD 31.000 sampai USD 95.000 ( sekitar Rp290 – 900 juta)

3. Sekretaris

Tidak bisa dipungkiri, pekerjaan ini sudah dikenal sejak lama dalam industri apapun. Namun peran sekretaris memang sulit digantikan.

Seorang sekretaris mengelola persoalan administratif sampai hal kecil seperti menu makan siang bos anda nanti.

Menjadi sekretaris berarti secara tidak langsung menjalankan roda perusahaan. Karena itulah, di Amerika, seorang sekretaris mendapat gaji membawa pulang USD 29.000 sampai USD 67.000 (sekitar Rp270 – 650 juta)

4. Produser Televisi

Industri media yang terdepan masih televisi. Miliaran pemirsa menyaksikan layar kaca setiap saat. Di Barat, otak di balik acara yang sukses mendapat penghargaan yang besar.

Jika anda menyukai sebuah tayangan tertentu, bisa dibilang sang produser lah yang mendapat pujian. Sebuah acara sejak masih dalam konsep, sampai akhirnya bisa syuting di bawah arahan sang produser.

Pekerjaan seberat itu di Negeri Paman Sam biasanya diberi kompensasi gaji tinggi, mencapai USD 68.000 (sekitar Rp650 juta)

5. Pengawas Pembangunan

Tugas anda mengawal pembangunan sebuah proyek infrastruktur agar lancar dari awal sampai akhir. Urusan anda tidak terbatas mengelola buruh, sampai menemui birokrasi dan mengatur arsitek maupun mandor.

Dengan taruhan yang besar, bayaran pengawas pembangunan di negara-negara Barat mencapai USD 50.000 sampai USD 150.000 (sekitar Rp490 juta – Rp 1,4 miliar)

6. Perawat

Saat ini pekerjaan perawat tidak bisa lagi dianggap pelayanan sosial semata. Seiring berkembangnya industri kesehatan, posisi perawat tidak kalah dari kebutuhan dokter. Di Tanah Air saja, pekerjaan perawat masih dicari.

Apalagi, tren kebutuhan perawat sekarang semakin melintasi batas-batas geografis. Warga Filipina dengan kemampuan yang bagus semakin banyak yang bekerja pelbagai rumah sakit di Amerika. Peluang ini tentu juga bisa diambil oleh tenaga medis asal Indonesia.

Sekadar informasi, rata-rata perawat di Negeri Paman Sam itu bisa mendapat gaji USD 44.000 sampai USD 95.000 (sekitar Rp420 – 930 juta) dalam setahun, tergantung masa kerja.

7. Guru

Di Barat, kebutuhan guru pengganti sangat besar, lantaran semakin banyak sekolah dibangun padahal tenaga pengajar terbatas. Biasanya SMP dan SMA yang membutuhkan jasa pekerjaan seperti ini.

Tidak seperti di Indonesia, nasib guru honorer Amerika cukup lumayan. Bila anda mengajar sampai banyak kelas dalam setahun bisa didapatkan bayaran antara USD 35.000 sampai USD 81.000 (sekitar Rp 330 juta – 780 juta)

referensi : BusinessInsider.com

Ayo Share Konten Bermanfaat Ini!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *