Bahaya Minum Pakai Sedotan yang Selama ini Diabaikan

0
535
bahaya minum sedotan

Well, apa kabar anak UNSRI dimana pun berada. Balik lagi ane mw ngeshare sedikit tentang kesehatan. Semalem lagi bikin tugas trus browsing and akhirnya enggak sengaja nemu artikel menarik yang cukup penting untuk dibahas.

Sebagai mahasiswa ketika kita makan di kantin, kita biasanya membeli minuman juga. Jarang ada mahasiswa yang membawa botol minuman dari rumah. Nah, dari kantin kan biasanya langsung dikasih sedotan. Tapi tahu gak temen-temen kalau sebetulnya minum pake sedotan itu tidak baik bagi kesehatan kita.

Loh kenapa? Alasannya apa.

Kalau masalah alasan, ada beberapa faktor yang membuat minum pake sedotan itu tidak baik bagi kesehatan. Ini gw sadur dari Kompas Female.

1. Gigi jadi Rusak

Kok bisa sih minum pakai sedotan merusak gigi? Menurut Mark Burhenne, pendiri AsktheDentist.com, hal itu disebabkan minum menggunakan sedotan membuat menuman tidak langsung kita telan. Terkadang ketika minum pakai sedotan kita malah memain-mainkan air di dalam mulut, atau kita menyeruputnya sedikit-sedikit yang menyebabkan air yang masuk langsung mengenai gigi bukan lidah terlebih dahulu. Sering kan temen-temen ngerasa pas minum es atau kopi hangat gigi rasanya ngilu, itu karena air nya langsung mengenai gigi. Apalagi air yang kita minum itu manis atau bergula yang menyebabkan proses perusakan gigi semakin cepat.

2. Sudut mulut jadi keriput

Kalau minum pake sedotan bayangin gimana posisi mulut kita. Yups bener banget, mulut kita bakal mengeucut karena sedotan yang kecil kita harus mengerucutkan mulut untuk bisa menyedot minuman. COba bayangin kalau proses itu terjadi selama bertahun-tahun. Jelas akan ada perubahan di wajah. Wajah orang yang suka minum pakai sedotan terlihat lebih tirus, sama seperti muka cewek yang suka merokok. Kempot di kanan-kiri.

3. Bikin perut kembung

Minum pakai sedotan juga bisa mengganggu proses pencernaan. Ketika minum menggunakan sedotan banyak udara yang ikut masuk ke dalam perut. Sehingga perut akhirnya menyimpan terlalu banyak udara. Perut kembung yang terlalu lama bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.

Tulisan ini gw buat bukan karena mau menakut-nakuti sobat mahasiswa semua. Tapi cuma sarana berbagi ilmu, mungkin info ini bermanfaat. Yuk kita lebih perhatian lagi sama kesehatan kita.