Daftar Tempat Wisata Terlengkap di Palembang

0
207
Daftar Tempat Wisata Terlengkap di Palembang

Tempat Wisata Palembang – Sebagai orang Palembang, atau orang yang berdomisili di Palembang. Pernah enggak sobat Anak Unsri ngerasain, kalau ada temen dari luar kota atau luar daerah kita kebingungan mau diajak jalan-jalan kemana. Kalaupun ada hanya itu-itu saja, tidak jauh dari Jembatan Ampera, Kambang Iwak, BKB, dan Pulo Kemaro.

Padahal sebenernya banyak tempat yang bernilai historis tinggi yang bisa dijadikan sarana hiburan bagi orang yang ingin berwisata ke Palembang. Sebenernya sih Dokicuy juga bingung pas nulis artikel ini, tempat yang mana saja yang bisa dianggap sebagai tempat wisata di Palembang.

Nah, Dokicuy akan bagi informasi kepada sesama Anak Unsri tempat-tempat wisata apa saja yang ada di Palembang yang kerap dilupakan atau bahkan malah banyak belum diketahui masyarakat Palembang.

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera adalah tempat wisata paling terkenal di Palembang. Jembatan Ampera juga sudah menjadi Landmark bagi Kota Palembang. Tidak sreg rasanya kalau berkunjung ke Palembang tanpa mengunjungi Jembatan Ampera. Banyak sekali faktor penyebab kenapa Jembatan Ampera begitu populer bagi masyarakat Indonesia. Pertama, karena Jembatan Ampera dulunya adalah jembatan tercanggih sekaligus di Indonesia. Selain itu, Ampera didirikan oleh bangsa Jepang pada masa pemerintahan Presiden Soekarno sebagai rasa permintaan maaf telah menjajah Indonesia.

2. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak dan Jembatan Ampera merupakan tujuan wisata yang satu paket. Sebab bila ke Ampera pasti kita melewati Benteng Kuto Besak. Karena sekarang tidak diperbolehkan untuk berfoto ria di areal Jembatan Ampera ketika siang dimana lalu lintas jalan sangat padat. Banyak orang memilih mengambil foto Jembatan Ampera dari Benteng Kuto Besak, yang konon merupakan benteng andalan Wong Kito untuk menangkal serangan para penjajah.

3. Monumen Penderitaan Rakyat

Monpera teletak mengapit duo ikon wisata Kota Palembang, yaitu Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak. Sesuai namanya, monumen ini berisi tentang peninggalan masa penjajahan. Buat Anak Unsri yang mencintai sejarah dan ingin belajar budaya lokal, bisa mengunjungi monumen ini untuk mendapatkan pengetahuan dan referensi baru seputar keadaan Indonesia sebelum merdeka.

4. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung merupakan masjid terbesar yang ada di Palembang. Letaknya yang berdekatan dengan pusat kota menjadikan masjid ini selalu ramai jamaah yang ingin beristirahat sejenak ataupun beribadah. Lokasinya yang tidak jauh dari 3 areal wisata diatas, menjadikan masjid ini mau tidak mau menjadi salah satu destinasi wisata wisatawan.

5. Kambang Iwak Family (KIF) Park

Kambang Iwak bisa dikatakan sebagai tempat nongkrongnya anak gaul Palembang. Bagaimana tidak, hampir semua klub ataupun komunitas memiliki agenda di tempat ini. Selain tempatnya yang asri dan nyaman, KIF Park juga sangat baik menarik bagi wisatawan karena selain bisa berwisata, di KIF Park wisatawan juga bisa sambil berolahraga. Kambang Iwak sendiri merupakan danau buatan yang telah ada sejak jaman Belanda (kalo enggak salah).

6. Pulo Kemaro

Inilah destinasi tujuan wisata terpopuler setelah Ampera. Pulo Kemaro merupakan pulau yang sangat unik. Terletak di tengah-tengah sungai yang membelah kota Palembang menjadi dua bagian, Sungai Musi. Banyak wisatawan yang berwisata ke Pulo Kemaro karena ingin menikmati suasana naik ketek (perahu tradisional Palembang) dari Jembatan Ampera sampai ke Pulo Kemaro. Legenda kisah cinta Tan Bun An dan Siti Fatimah juga makin membuat orang penasaran mengunjungi tempat ini.

7. Taman Purbakala Bukit Siguntang

Taman Purbakala Bukit Siguntang, terletak di derah barat Kota Palembang. Bukit Siguntang merupakan salah satu tempat wisata yang bernilai historis tinggi.Tempat ini merupakan areal pemakaman makan-makam kuno dari jaman Kerajaan Sriwijaya. Sayangnya,tempat wisata yang bernilai historis sangat tinggi ini seperti diabaikan, sehingga malah menjadi tempat untuk berbuat mesum.

8. Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu, sebuah hutan wisata kota yang terletak sekitar 7 km dari pusat kota dengan luas 50 ha dan sejak tahun 1998 ditetapkan sebagai hutan lindung. Didalam hutan ini terdapat area rekreasi keluarga dan menjadi tempat hunian sekelompok

Ane lagi capek nulisnya, kalau ada yang kurang bisa kasih tahu ane di kotak komentar. Ntar ane tambahin listnya. Ayo Maju Anak Unsri.

9. Kawah Tekurep

Kompleks pemakaman raja jaman Kerajaan Palembang Darussalam. Di kompleks pemakaman ini disemayamkan Sultan Mahmud Badarudin 1, sang pendiri Kesultanan Palembang Darussalam. Kompleks ini sekarang kurang begitu terawat. Tapi buat kamu yang suka tempat bersejarah, lumayan asik kok muter-muter di kompleks ini. Asal jangan sendirian aja, ntar bisa ….(jawab ndiri)

Update:

Wisata Belanja

10. Pasar 16 Ilir

tempat wisata palembang,wisata palembang,palembang wisata,ampera,tempat wisata di palembang,tempat wisata kota palembang,destinasi wisata palembang,tempat populer palembang,tempat nognkrong paling asik di palembang,tempat rekreasi palembang,tujuan wisata palembang,tempat rekreasi di kota palembang

Kalau Jogja punya Pasar Beringharjo sebagai pasar sentra batik dan pasar ‘segala ada’. Kota Solo punya Pasar Klewer-nya yang terkenal. Bandung menonjolkan kepopuleran Pasar Cibaduyut yang terkenal seantero negeri. Palembang pun tidak kalah sob. Palembang punya Pasar 16 Ilir atau anak-anak muda sekarang suka nyebutnya Distro 16 (baca: Distro Satu Enam).

Pasar 16 menjual berbagai macam barang, mulai dari pakaian hingga makanan khas Palembang. Banyak pakaian yang dijual disini dari yang bergaya India (tambi) hingga pakaian ala orang Cina. Semua ada disini. Banyak orang menyebut Pasar 16 sebagai “‘Tanah Abangnya Palembang”. Pasar 16 juga menjual songket, kain khas Palembang. Bila anda berkunjung ke Palembang, anda wajib membeli kain songket.