Scroll to Top

Ini Alasan Kenapa Anda Harus Berhenti Merokok

By anakunsri / Published on Friday, 03 Feb 2017 09:32 AM / No Comments / 714 views

Untuk dapat berhenti merokok harus dimulai dengan merubah sikap dan pola pikir mengenai rokok. Rokok bersifat adiktif atau candu. Dan adiksi selalu berkaitan dengan penyangkalan. Kita seringkali menggunakan penyangkalan saat harus dihadapkan pada pilihan untuk berhenti merokok. Ada saja alasan untuk tetap merokok. Mungkin setelah mengetahui fakta-fakta ini anda bisa mulai berhenti dari sekarang.
Berikut adalah alasan orang untuk tetap merokok:
1. Saya berhak melakukan apapun yang saya kehendaki, karena ini tubuh saya sendiri.
Fakta menunjukkan bahwa kebiasaan merokok turut menyumbang polusi udara, pemanasa global, keracunan, asma dan sindrom kematian bayi tiba-tiba.
Anda tidak hidup sendiri di planet ini dan hobi anda tersebut bukan saja membahayakan anda namun juga orang disekitar anda.
2. Jika saya membuka jendela mobil lebar-lebar saat sedang merokok, maka saya melindungi anak saya dari bahaya asap rokok.
Pengaruhnya kurang signifikan. Setiap anda merokok di dalam mobil maka mereka juga ikut �merokok� bersama anda.
3. Merokok adalah kebiasaan buruk.
Merokok adalah kecanduan tembakau, bukan kebiasaan buruk.
4. Semua orang merokok.
Tidak semua orang merokok. Bahkan di negara-negara maju dengan tingkat pendidikan tinggi jumlah perokoknya cukup rendah. Jika merokok, maka anda akan menjadi minoritas.
5. Merokok itu keren.
Ketika merokok anda bukannya terlihat keren, melainkan bodoh. Bayangkan saja, anda memilih untuk melakukan aktivitas yang mengeluarkan biaya dan membahayakan kesehatan. Maka intelegensia anda patut dipertanyakan.
6. Ini hanya tembakau, bukan heroin atau zat berbahaya lain.
Nikotine lebih berbahaya daripada kokain, heroin atau alkohol jika dilihat dari kadar ketergantungannya.
Apalagi rokok merupakan produk lokal yang mudah didapat dimana saja kapan saja. Kecanduan tembakau lebih banyak pengaruh negatifnya ketimbang heroin.
7. Rokok adalah produk legal, jadi sah-sah saja merokok.
Lihat Fakta 6
8. Saya hanya merokok sesekali ketika berkumpul dengan teman-teman.
Sesekali merokok juga bisa membuat anda kecanduan tembakau. Jika anda menyayangi teman-teman anda, maka janganlah membahayakan nyawa mereka.
9. Saya masih muda dan akan stop merokok saat tua nanti.
Semakin lama anda bertahan dengan rokok, semakin sulit pula anda terlepas dari jeratannya.
10. Tak ada gunanya. Saya sudah sering berusaha berhenti merokok, namun selalu gagal.
Tidak semua orang bisa sukses berhenti merokok di percobaan pertama. Fakta menunjukkan bahwa sebagian besar mantan perokok sebelumnya telah mencoba beberapa kali usaha berhenti merokok hingga akhirnya mereka berhasil. Coba terus!

Fakta mengejutkan yang dihasilkan oleh sebatang rokok

Hampir semua orang tahu bahwa rokok itu tidak sehat, tak terkecuali perokok sendiri. Sayangnya, masih saja banyak orang di seluruh dunia yang kecanduan menghisap batang tembakau itu. Data-data seputar rokok dari seluruh dunia pun tampak mengejutkan.
Umumnya tidak ada satu pun organ di dalam tubuh yang tidak terpengaruh oleh asap rokok, karenanya hampir semua bagian tubuh bisa rusak oleh rokok. Hal ini karena di dalam satu batang rokok mengandung 4.000 senyawa kimia yang 40 diantaranya termasuk racun (toksik) atau karsinogenik (bisa menyebabkan kanker).
Tapi meski fakta itu telah banyak digembar-gemborkan, masih saja banyak perokok yang tidak terpengaruh. tampak bahwa data-data statistik seputar rokok sangat mengejutkan.
1. Ada 1,1 miliar perokok di dunia saat ini dan jika tren ini terus berlanjut, jumlah tersebut akan meningkat menjadi 1,6 miliar pada tahun 2025.
2. China adalah rumah bagi 300 juta perokok yang mengonsumsi sekitar 1,7 triliun rokok setiap tahun atau 3 juta rokok satu menit.
3. Di seluruh dunia, sekitar 10 juta rokok dibeli setiap menit, 15 miliar yang dijual setiap hari, dan lebih dari 5 triliun diproduksi dan digunakan secara tahunan.
4. Diperkirakan ada triliunan filter yang diisi dengan bahan kimia beracun dari asap tembakau, membuat lingkungan tercemar limbah.
5. Meskipun filter mungkin terlihat seperti kapas putih, tapi filter rokok terbuat dari serat yang sangat tipis dari plastik yang disebut selulosa asetat. Filter rokok bisa memakan waktu antara 18 bulan hingga 10 tahun untuk dapat terurai.
6. Sebuah rokok diproduksi khas berisi sekitar 8 atau 9 miligram nikotin, sedangkan kandungan nikotin dari cerutu adalah 100 hingga 200 miligram, dengan beberapa setinggi 400 miligram.
7. Ada cukup nikotin dalam 4 atau 5 batang rokok yang dapat membunuh seorang dewasa rata-rata jika seluruhnya tertelan.
8. Jumlah anak-anak yang merokok pada tingkat yang mengkhawatirkan. Ada sekitar 3.000 anak merokok setiap hari di AS dan 80.000 sampai 100.000 per hari di seluruh dunia.
9. Di seluruh dunia, 1 dari 5 remaja usia 13 sampai 15 tahun batang sudah merokok.
10. Setiap delapan detik, satu kehidupan manusia hilang dengan penggunaan tembakau di suatu tempat di dunia, yang artinya ada sekitar 5 juta kematian setiap tahunnya karena rokok.
Mau berhenti merokok atau tidak, semua urusan anda. Kalau anda sering beranggapan kalau orang Indonesia harus berterima kasih kepada para perokok karena rokok merupakan penyumbang devisa negara terbesar hingga Rp16,5 Triliun. Maka harusnya orang yang tidak merokok harus mengutuk anda karena biaya kesehatan yang dihabiskan untuk mengobati para pecandu rokok baik muda ataupun tua mencapai Rp127,4 Triliun !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *