Inilah Keuntungan dan Kerugian Menjadi Perawat

0
67
Keuntungan dan Kerugian Menjadi Perawat

AnakUnsri.com – Menjadi perawat merupakan sebuah pekerjaan yang mulia. Sebab merawat orang sakit ataupun mereka yang sedang dalam kondisi tidak mampu merawat dirinya sendiri dengan baik adalah hal yang sangat mulia.

Namun, bekerja sebagai perawat memiliki konsekuensi tersendiri. Sebab perawat diharuskan untuk siap membantu pasien dalam kondisi apapun. Bahkan di berbagai rumah sakit lazim bekerja sebagai perawat dengan sistem shift. Sebab perawat dibutuhkan 24/7 bagi pasiennya.


Pun demikian, bekerja sebagai perawat memiliki kelebihan dan menyajikan pengalaman yang luar biasa. Selain mendapatkan uang, seorang perawat juga mampu mendapatkan pengalaman yang menarik.

Setelah sebelumnya membahas kelebihan dan kekurangan menjadi pegawai bank. Kali ini AnakUnsri.com akan membahas seputar keuntungan dan kerugian memilih karir sebagai perawat.

Mau tahu selengkapnya?

Baca tuntas tulisan ini.


Keuntungan Menjadi Seorang Perawat:

  1. Perawat itu merupakan pekerjaan yang mulia. Hal ini sudah pasti, sebab setiap tindakan perawat yang dilakukan dengan ikhlas pasti akan dicatat sebagi suatu amal baik, soalnya bisa membantu untuk kesempuhan pasien, walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa kesembuhan pasien itu datangnya hanya dari Alloh SWT. Taukah anda bahwa hanya dengan senyuman seorang perawat, pasien dan keluarga pasien itu akan merasa senang loh.. Subhanalloh.. Nah bagi teman-teman yang ingin bekerja sambil ibadah ya [erawat lah pilihannya.
  2. Menjadi perawat mudah mencari pekerjaan. Benarkah demikian? Saya jawab ya benar, saat ini kebutuhan perawat masih dibilang sangat banyak loh. meskipun lulusan perawat setiap tahun selalu ada tapi hampir semuanya akan cepat diserap lapangan pekerjaan.
  3. Perawat itu calon menantu yang banyak diharapkan oleh para calon orang tua. Menjadi perawat merupakan salah satu kebanggan orang tua dan harapan para calon mertua loh, benarkah demikian? Ya, banyak sekali orang tua yang mengharapkan agar menantunya nanti adalah seorang perawat, hal ini terbukti beberapa orang yang mempunyai pacar atau calon pendamping hidup seorang perawat pasti kebanyakan dari mereka disetujui oleh orang tuanya. Para calon orang tua juga berharap bahwa dengan ,emamtu perawat nantinya kalo orang tua sudah semakin tua mereka juga akan merawatnya dengan setulus hati. Jangankan orang tua sendiri, pasien aja yang bukan siapa-siapanya aja dirawat dengan setulus hati.
  4. Perawat itu mempunyai lapangan pekerjaan yang cukup luas. Selain kesempatan kerjanya mudah dan cepat, perawat juga mempunyai lapangan pekerjaan yang cukup luas, mulai dari rumah sakit, klinik, puskesmas, panti asuhan, homecare, yayasan, pendidikan dan PT bahkan perawat memiliki kesempatan yang besar untuk keluarr negeri. Nah, hal yang lebih menyenangkan ialah bahwa kebutuhan tenaga dan formasi perawat yang dibuka seelalu lebih besar dibandingkan dengan formasi pekerjaan yang lain.
  5. Perawat mempunyai formasi dalam CPNS cukup banyak loh setiap tahunnya. Siapa sangka menjadi Pegawai Negeri Sipil itu susah? Sebenarnya tidak begitu susah, yang penting kita tahu celah dan trik serta tips nya untuk sukses menjadi seorang PNS.

Kerugian Menjadi Seorang Perawat:

  1. Memilih sebuah pekerjaan adalah sebuah keputusan dari dalam pribadi diri seseorang, akan tetapi menjadi perawat merupakan pilihan pekerjaan yang sedikit dipilih bagi sebagian orang.
  2. Menjadi perawat cukup menguras waktu anda bersama keluarga, sebab anda harus menjalani sistem kerja shift yang mana anda akan bekerja pada pagi, siang juga malam. Hal ini disebabkan karena pelayanan terhadap orang sakit tidak ada berhantinya. Jadi bagi anda yang tidak siap untuk bekerja dan meninggalkan keluarga pada malam hari, maka menjadi perawat bukan jenis pekerjaan yang cocok untuk anda.
  3. Menjadi perawat anda akan selalu dihadapkan dengan orang sakit yang mana berbagai jenis virus , bakteri dan penyakit ada di rumah sakit resiko sehingga anda tertular penyakit itu sangat besar.
  4. Jika anda berkeinginan bekerja dengan gaji yang sangat besar mungkin perawat bukan menjadi pilihan yang tepat, sebab gaji perawat seperti normalnya batas UMR.
  5. Menjadi perawat harus siap menerima komplain dari pihak manapun, baik pasien, keluarga pasien, dokter dan tim medik lainnya sebab anda bekerja pada pelayanan umum yang mana obyek pekerjaan anda adalah manusia.

Itulah berbagai contoh keuntungan dan kerugian menjadi perawat apabila anda memilih karir sebagai seorang perawat. Semoga tulisan ini bisa menjadi petunjuk dan acuan anda dalam menentukan sebuah jenis pekerjaan.

Salam sukses selalu..