Scroll to Top

5 Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA Selain Kedokteran

By anakunsri / Published on Sunday, 05 Feb 2017 02:38 AM / No Comments / 687 views

Buat kamu yang jurusan IPA, wajib tahu jurusan-jurusan kuliah program IPA yang bagus buat karier dan juga gaji kita kalau udah kerja nantinya. Selain kedokteran, yang udah umum diketahui banyak orang, ini 5 jurusan kuliah terbaik lain untuk anak IPA.

jurusan kuliah terbaik anak IPA

1. Jurusan Matematika dan IPA (MIPA)

Jurusan ini sering dianggap enggak memiliki prospek kerja yang luas. Tapi sebenarnya, segala sesuatu yang kita jalani sehari-hari itu sangat berhubungan dengan matematika. Mulai dari belanja dengan uang sampai mengetik chat di hape. Ada serangkaian kode matematika yang dibuat di smartphone sehingga bisa menghasilkan kata-kata yang kita lihat.

Jenis pekerjaan di bidang: Statistik dan industri keuangan, teknologi informasi.

2. Jurusan Teknik

Beberapa jurusan kuliah teknik terbaik antara lain: Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Nuklir. Jurusan-jurusan itu punya tujuan pembelajaran yang berbeda. Tapi yang pasti, jurusan teknik itu akan berfokus dan mendalami teknik tentang suatu bidang. Misal, teknik elektro membahas tentang sistem jaringan dan listrik.

Jenis pekerjaan di bidang:

Teknik Industri: Engineering, Warehouse, Produksi, Pengendalian Mutu, Pemeliharaan.

Teknik Kimia: Unit Pengolahan Limbah, Agrobisnis, Industri Renewable Energy

Teknik Mesin: Maintenance Engineer, Modeling/Drafting Engineer, Engine Component Engineer

3. Jurusan Arsitek

Kata siapa jurusan IPA itu anaknya kaku-kaku? Ketika kita lulus sekolah nanti dan mencoba mengambil jurusan ini, kita bakal membuktikan kalau jurusan IPA itu kreatif banget. Jadi seorang arsitek membuat kita enggak hanya melihat suatu hal secara estetika alias nilai keindahan tapi juga memadukannya dengan kekuatan (firmitas) dan kegunaan atau fungsi (utilitas).

Jenis pekerjaan di bidang: Perusahaan Kontraktor, Perusahaan Developer, Biro Konsultan Arsitek.

 

4. Jurusan Komputer

Di bidang komputer, kita bisa coba mengambil jurusan Teknik Informatika. Teknik Informatika mempelajari penerapan logika matematikan untuk mengelola informasi menjadi teknologi komputer yang bermanfaat. Sementara Ilmu Komputer mempelajari

Jenis pekerjaan di bidang: Data Entry, Database Administrator, Capacity Planning, Data Communication dan sebagainya.

5. Jurusan Pertanian

Jurusan ini sering dianggap sebelah mata apalagi di era digital seperti sekarang. Padahal, jurusan ini bakal sangat dan akan selalu dibutuhkan sepanjang masa. Hmm… Mudahnya, kita enggak bakal bisa makan, tapi kita bisa hidup walau enggak internetan. Nah… Makanya, jurusan ini bakal selalu dicari kapan pun itu.

Jenis pekerjaan di bidang: Dinas Tata Kota, Dinas Pertamanan, Dinas Perkebunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *