by

Kumpulan Kata Mutiara Islam Ali Bin Abi Thalib

-Kata Bijak-1,580 views

Ali bin Abi Thalib radhiallahu anhu adalah sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga oleh Allah. Ia juga merupakan sepupu nabi. Ayahnya bernama Abu Thalib, paman Rasulullah SAW.

Beliau termasuk salah seorang pemeluk Islam pertama (assabiqun awwalun). Ali bin Abi Thalib kemudian menjabat khalifah setelah wafatnya Abu Bakar As-Siddiq, Umar bin Khattab, dan Utsman bin Affan.

Ia memerintah pada tahun 656 sampai 661 Masehi. Beliau menikahi putri kesayangan Nabi, Fathimah Azzahra.

Banyak sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Namun, terdapat 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga oleh Rasulullah. Salah satu sahabat yang dijamin masuk surga ialah Ali bin Abi Thalib.

Karena kecerdasan dan kebijaksanaannya, Ali bin Abi Thalib memiliki banyak julukan seperti Abu Turab dan Abul Hasan. Namun julukan paling istimewa yang ia miliki adalah ‘Babul Ilmu’ yang artinya gerbangnya ilmu.

Beliau mendapatkan julukan tersebut karena ilmu dan wawasan yang luas. Selain itu, fakta bahwa sejak kecil Ali bin Abi Thalib sudah tinggal bersama Rasulullah membuatnya mendapatkan pengajaran langsung dari Nabi Muhammad SAW.

Selain memiliki ilmu dan wawasan yang luas, Ali bin Abi Thalib dikenal sebagai orang yang pemberani, rendah hati, dan sederhana.

Posisinya semakin istimewa diantara sahabat Rasulullah lainnya setelah menikah dengan putri bungsu Rasulullah, Fatimah.

Baca Juga: Keutamaan Ali Bin Abi Thalib, Sang Gerbang Ilmu

Demikianlah tadi kumpulan kata mutiara islam Ali bin Abi Thalib. Semoga menginspirasi dan memberi banyak manfaat dalam kehidupan kita semua.

Sumber

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *