Cari Tahu Yuk Kompetensi Mahasiswa yang Diinginkan Perusahaan!

0
392
Kompetensi Mahasiswa yang Diinginkan Perusahaan

Makin hari peluang kerja semakin tipis dan persaingan untuk mendapatkan kerja semakin berat. Tengoklah untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja ada ribuan pelamar dengan jumlah orang yang diterima tak sebanding dengan pendaftar. Bukan cuma PNS saja, berbagai perusahaan skala nasional dan internasional yang ada di Indonesia pun seolah tidak memiliki tempat lagi yang bisa dimasuki oleh orang baru.

Namun sebenarnya bukan itu permasalahannya. Bukan rahasia lagi kalau ada jurang antara kebutuhan dunia industri dengan kompetensi yang dimiliki oleh pelamar kerja. Nah kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa dari perguruan tinggi yang kadang tidak sesuai dengan keinginan perusahaan.

Cari tahu yuk apa saja kompetensi dasar yang diinginkan oleh perusahaan saat perekrutan karyawan baru:

Kriteria Pertama : Kemampuan Akademis

Menurut Analist R & D Astra International Puti Larasati, hal pertama yang dilihat oleh perusahaan seputar calon karyawan baru adalah kemampuan akademis mahasiswa tersebut selama menjalani perkuliahan. “Kami cari orang pintar. Bagaimanapun juga, kapasitas otak sangat diperlukan,” ujarnya.

Kriteria Kedua : Kegiatan di Luar Kampus

Kegiatan yang dijalani mahasiswa di luar jam kampus juga cukup menentukan keputusan perusahaan untuk merekrut orang tersebut atau tidak. Sebabnya kegiatan di luar akademis, seperti organisasi atau komunitas lainnya menunjukkan keinginan orang tersebut untuk berkembang dan ingin mengetahui banyak hal. Kelebihan lainnya orang yang aktif berorganisasi lebih luwes dalam pergaulan dengan orang baru serta cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang penuh tekanan.

Kriteria Ketiga : Kemampuan Bekerja Sama dalam Tim

Dalam dunia kerja, kemampuan bekerja sama dalam tim sangat dibutuhkan sebab untuk mengejar deadline dan target yang telah ditentukan oleh perusahaan membutuhkan kerja sama yang baik. Orang yang tidak bisa bekerja sama dalam tim dan lebih mementingkan egonya sulit diterima oleh perusahaan manapun.

Kriteria Keempat : Interpersonal Skill

Kemampuan berhubungan dengan orang lain termasuk hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan. Interpersonal skill ini tidak bergantung pada berapa banyak teman yang dimiliki di Facebook atau follower di Twitter. Interpersonal skill ini dapat terlihat ketika calon karyawan menjalani seleksi wawancara, disitu akan terlihat cara mereka berkomunikasi dengan orang lain.

Kriteria Kelima : Keinginan untuk Selalu Belajar

Perusahaan juga mencari orang yang memiliki semangat untuk selalu belajar. Sebab orang dengan tipe seperti inilah yang akan membawa perusahaan ke level yang lebih baik. Keinginan untuk belajar ini terlihat dari pola organisasi yang mereka jalani.