5 Manfaat Luar Biasa Setelah Magang (Internship) di Luar Negeri

by

Banyak pelajar di Indonesia beranggapan magang di perusahaan hanyalah menghabiskan waktu dan tenaga. Apalagi jika harus magang di perusahaan asing dalam negeri maupun luar negeri harus menambah pengeluaran biaya lebih. Mereka lebih memilih magang di perusahaan dalam negeri.

Memang tidak salah dengan pemikiran tersebut, namun jika kamu mendengar pengalaman dari sebagian pelajar yang melakukan internship di perusahaan luar negeri mindset kamu akan berubah seketika. Sebab banyak keuntungan besar yang bisa kamu peroleh setelah magang di luar negeri seperti berikut ini.

Mendapat Tantangan Baru

Mendapat Tantangan Baru (cdn.idntimes.com)

Pernah mendengar istilah “Jika kamu melakukan sesuatu hal yang kamu bisa secara terus menerus kamu tidak akan mengalami kemajuan”?. Istilah tersebut artinya saat kamu menguasai satu bidang kompetensi jangan hanya berpuas diri untuk tidak mencoba komptensi kemampuan yang lain karena kamu tidak akan maju dan sukses.

Setelah kamu memutuskan magang ke luar negeri kamu mendapatkan tantangan baru dalam pencapaian karir. Perlu kamu ketahui bahwa perlakuan perusahaan luar negeri pada anak magang berbeda dengan perusahaan di Indonesia. Mereka memperlakukan anak magang sebagai pekerja yang tugasnya bukan hanya membuat kopi tetapi turut menangani sebuah proyek.

Mengasah Kemandirian

Mengasah Kemandirian (www.cosmopolitan.co.id/)

Dengan magang di luar negeri kamu akan jauh dari orang tua dan keluarga. Mau tidak mau setiap hari kamu harus mengurus dirimu sendiri secara mandiri sampai terbiasa dan terasah, mulai dari mengelola jadwal harian, mengelola kebutuhan serta finansial keuangan kamu.

Budaya Internasional

Budaya Internasional (1.bp.blogspot.com)

Keuntungan yang kamu dapatkan dengan magang di luar negeri berikutnya adalah dapat lebih mengenal dan memahami kebudayaan Internasional. Berada di tanah asing membuat kamu akan secara alami melakukan adaptasi terhadap lingkungan untuk bertahan. Banyak kebudayaan asing yang bisa kamu eksplor ketika berada di luar negeri.

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi (freshconsultant.co.id)

Ketika kamu berada di luar negeri setidaknya kamu harus menguasai bahasa inggris ini yang pertama dan utama. Secara tidak langsung meningkatkan kemampuan komunikasi melalui bahasa dan budaya komunikasi inter personal dengan rekan baru. Kamu akan lebih terbuka pada perbedaan pendapat serta keilmuan baru mengenai hubungan kerja yang tidak ada di dalam negeri.

Memperluas Relasi

Memperluas Relasi (image-serve.hipwee.com)

Melakukan magang di luar negeri akan memperluas relasi kamu mendapatkan rekan kerja, pimpinan dan daftar perusahaan besar di luar negeri sehingga besar kesempatan untuk menjalin kerjasama. Siapa tau rezeki kamu bisa bergabung dan memperoleh karir yang bagus pada perusahaan di luar negeri setelah magang (internship).

Nah, itulah 5 keuntungan besar yang bisa kamu peroleh setelah magang di luar negeri. Masihkah berfikir untuk takut ke luar negeri? Semoga bermanfaat.