Inilah Manfaat Sarapan yang Seringkali Disepelekan Mahasiswa

0
373
manfaat sarapan

Manfaat sarapan untuk mahasiswa . Sebagian diatara kita mungkin tidak menyadari betapa pentingnya sarapan di pagi hari sebelum mengawali aktivitas. Karena berbagai kesibukan dan rutinitas yang dimulai pagi hari, menyebabkan kita sering melupakan sarapan. Kegiatan lain mungkin memang penting, tapi menurut banyak penelitain sarapan juga tidak kalah pentingnya. Sarapan memberi modal energi pada tubuh untuk beraktivitas sepanjang hari. Sarapan pagi juga memberikan manfaat lain yang tidak bisa kita dapatkan dari makan-makan selanjutnya, seperti makan siang dan makan malam.

Nah, supaya kita lebih paham manfaatnya, berikut adalah penjelasan mengapa sarapan memberikan kebaikan pada tubuh kita.

  1. Memberi Kekuatan Metabolisme

Sarapan dipertimbangkan sebagai waktu makan yang penting karena mengganti waktu malam yang tak terisi makanan serta menambah kebutuhan gula kita. Gula adalah sumber energi yang diserap dari karbohidrat yang kita makan. Di pagi hari, setelah kita tak mengkonsumsi makanan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh kita turun ketingkat yang paling rendah. Saat ini terjadi, tubuh kita menggantinya dengan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glycogen.

  1. Menurunkan Berat Badan

Mungkin ini terkesan ganji, bagaimana bisa sarapan dapat membantu program penurunan berat badan?! Riset di Harvard University AS menunjukkan, orang yang teratur sarapan pagi memiliki kecenderungan hingga 50 persen tidak mengalami kegemukan ketimbang mereka yang melewatkan sarapan. Ini logis karena orang yang melewatkan makan pagi akan merasa lebih lapar dibandingkan dengan orang yang sarapan. Ini adalah pola aktivitas di dalam otak dimana rasa lapar dan ketertarikan terhadap makanan berkalori tinggi bekerjasama dan mendorong seseorang untuk makan lebih banyak. Porsi makan siang orang yang tidak sarapan 20% lebih banyak dibandingkan mereka yang sebelumnya sudah sarapan.

Penting : Bahaya kebiasaan minum pakai sedotan

  1. Sarapan Tingkatkan Kemampuan Otak

Menurut Ronald E. Kleinman, M.D., dokter spesialis gastroenterologi anak serta pakar nutrisi yang mengajar di Harvard University, Amerika, secara rata-rata, anak yang tidak pernah sarapan memiliki daya pikir dan kemampuan mengingat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang makan setiap pagi. Hal itu sejalan dengan Riset para ahli dari Universitas Swansea Wales membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22 persen lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak sarapan. Ini dikarenakan anak-anak yang tidak pernah makan pagi ternyata lebih sulit berkonsentrasi, lambat menanggapi, dan memiliki perhatian amat rendah terhadap pelajaran. Gerak-gerik mereka juga lebih lamban dan cenderung lekas tersinggung.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard menunjukkan bahwa mereka yang rutin sarapan memiliki resiko atau permasalahan gula darah 50% lebih rendah dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. Masalah gula darah bisa menjadi pemicu penyakit diabetes dan dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi meningkatkan resiko penyakit jantung.

Itulah tadi beberapa manfaat penting sarapan yang saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga dapat lebih meningkatkan lagi kesadaran kita akan pentingnya sarapan bagi kebaikan tubuh. Mari kita mulai hal baik dari diri sendiri. Jangan lupa follow akun Instagram @anak_unsri yah