Tips Agar Terhindar dari Bibir Pecah-pecah Saat Puasa

0
230
bibir pecah pecah saat puasa

Tips menghindari bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa di bulan Ramadhan – Ketika berpuasa tanpa makan dan minum selama 14 jam tubuh kekurangan asupan air. Tubuh yang kekurangan air dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Nah, dehidrasi itu tidak terjadi hanya pada tubuh saja, dehidrasi juga berpengaruh pada kulit terutama bibir.

Saat tubuh mengalami dehidrasi, kulit menjadi kering dan berisisik. Bibir biasanya tempat yang paling kerasa dan terlihat oleh orang lain ketika kita kekurangan cairan. Buat anda yang berpuasa di bulan ramadhan tahun 2013 ini, ada tips agar bibir tidak kering dan pecah-pecah selama menjalani ibadah puasa.

Ini tipsnya:

Perbanyak konsumsi buah

Perbanyaklah konsumsi buah saat berbuka maupun sahur. Buah mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian tidak makan dan minum. Konsumsilah buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya, mangga, dan kiwi karena vitamin C bagus untuk menjaga kelembaban kulit dan bibir.

Hindari makanan pedas dan asin

Saat berbuka puasa dan sahur hindari makanan pedas dan terlalu asin. Kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan bibir dan mulut kering. Selain itu mengonsumsi makanan asin dan pedas malah membuat Anda cepat haus.

Pakai Lip-Balm

Cara lain mencegah bibir kering adalah rajin mengoleskan lip balm. Carilah pelembab bibir yang sifatnya emolian seperti vaseline, yang berbahan dasar lemak hewani, untuk memberikan kelembaban ekstra.

Hindari bernapas dari mulut

“Bernapaslah dari hidung” kata banyak pakar dermatologis. Bernapas dari mulut menyebabkan bibir menjadi cepat kering.

Jangan menjilat bibir

Bibir yang kering memang membuat seseorang jadi tersu menjilatnya. Padahal itu tidak baik bagi bibir. “Menjilat bibir akan merusak pelindung pada bibir. karena mengandung enzim yang semakin membuat bibir jadi kering,” menurut ahli dermatologis.

Demikianlah tips agar bibir tidak kering dan pecah-pecah saat berpuasa versi AnakUnsri.com. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan bagi orang yang berpuasa.