Tips Aman saat Ospek Mahasiswa Baru

0
420
tips aman ospek mahasiswa baru

Tips aman saat ospek mahasiswa baru – Salam hangat Anak Unsri semua! Ini tulisan pertama yang saya tulis di AnakUnsri.com. Bila ada kesalahan mohon dimaafkan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar dunia kampus khususnya mahasiswa baru agar aman menjalani Ospek tanpa kejahilan kakak senior.

Tiap memasuki tahun ajaran baru, tentu jumlah mahasiswa baru juga bertambah. Bila kamu termasuk mahasiswa baru atau yang lebih populer disebut “Maba” maka hal yang paling kamu takutkan pasti adalah OSPEK. Ospek merupakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus, adalah salah satu momok yang menakutkan bagi mahasiswa baru, padahal sebenarnya ospek pada jaman sekarang sudah tidak lagi mengandung unsur kekerasan. Berbeda dengan jaman dahulu kala yang indentik dengan aroma kekerasan.

Ospek yang di Kampus Unsri dinamakan PK2 adalah kegiatan pengenalan kampus yang dilakukan oleh kakak tingkat di bawah pengawasan dosen ataupun jurusan. Jadi bila kamu mendapat perlakuan yang mengadung unsur kekerasan bisa langsung adukan ke pihak jurusan. Banyak orang salah kaprah dengan kegiatan ospek mahasiswa baru. Pokoknya yang ada di pikiran maba itu tentang penyiksaan, kekejaman, dll. Padalah justru OSPEK merupakan proses pengenalan dan adaptasi yang dirancang senior agar mahasiswa baru terbiasa dengan lingkungan baru.

Meski sekarang Ospek sudah tidak mengandung unsur kekerasan, tetap saja kadang ada kakak tingkat yang jahil. Nah untuk menghindari kejahilan kakak tingkat kamu. Ada beberapa tips aman saat ospek yang perlu kamu ketahui.


Inilah tips ampuh & cara hadapi kakak senior saat Ospek

Kenali Wilayah Kampus Kamu

Kampus baru kamu adalah tempat yang akan kamu tinggali. Mengenali wilayah kampus kamu tentu saja hal yang sangat penting, terlebih saat OSPEK.

Sebelum itu kamu harus cari tempat kosan kan? Nah ini ada cerita mahasiswa baru saat cari kosan.

Ngaku Anak Dosen atau Anak Rektor

Meskipun berbohong itu dilarang agaman, namun demi keselamatan diri gak apa-apa dilakukan sekali-kali. Percaya deh, senior kamu gak bakalan berani ‘jahil; sama kamu kalau kamu ngaku sebagai anak dosen apalagi anak rektor. Sayangnya biasanya senior itu dah pada kenal dosen, kalau kamu ketahuan bohong ya nikmatin aja.

Berpenampilan Rapi

Dalam ospek, penampilan adalah hal yang perlu diperhatikan secara serius. Sebab tiap jurusan itu beda-beda peraturannya. Buat cowok biasanya disuru botak masal. Dinikmatin aja, lagian abis UN kan rambut ga keurus nah ospek bantu kamu biar rapi. Jangan sekali-kali rambut panjang saat ospek dimulai karena akan dianggap tidak menghargai kakak tingkat. Itu salah kamu sendiri kalau akan ada hukuman buat kamu.

Khusus buat cewek usahakan tampil secantik dan seanggun mungkin. Rata-rata senior itu tidak tega menghukum adek tingkat yang cute, manis dan cantik. Resikonya ya Pin BB sama nomor hp kamu jadi incaran. :D


Pura-pura sakit

Logikanya siapa sih yang tega menghukum orang sakit? Senior yang tampang sangar dan badan seterek pun gak bakalan tega menhukum adek tingkatnya yang sedang sakit. Percayalah senior itu manusia, bukan setan. Ospek yang kesannya horor itu yang harusnya dihilangkan. Pura-pura sakit bisa bikin kamu bebas saat teman lain ikut acara ospek, tapi jangan sampe ketahuan. Kamu bisa dihukum habis-habisan sama senior kamu.


Ikuti saja apa kata senior

Nah, kali ini kamu sepertinya harus bersikap baik terhadap senior kamu. pengalaman penulis nih ya, senior itu paling suka gangguin orang yang bandel. Lihat  saja, orang orang yang bandel yang tidak menurut dengan kata senior, pasti menjadi langganan siksaannya para senior. Jika kamu bisa menuruti apa maunya si senior, selalu menurut, senior bakalan bosen tuh nyuruh kamu begini begitu, karena gak asyik, tidak ada yang bisa mencari alasan buat menghukum kamu. jadi, jika ingin aman, Nurut aja ya sama senior.

Karena ada banyak tipe mahasiswa di kampus, kenali tipe-tipe mahasiswa di Indonesia.

Jangan Cerewet di Depan Senior

Nah, ini biasanya cewek nih. tapi saya tidak bermaksud untuk menggeneralisasi senua cewek ya. Maksudnya jika di bandingkan dengan cowok, persentase kemungkinan cewek lebih cerewet lebih besar. Jika kamu memang mempunyai sifat bawaan yang agak cerewet, sebaiknyatahan dulu sifat kamu itu saat ospek. Sebab hal ini bisa menjadi boomerang bagi kamu. Karena biasanya kakak senior itu paling enggak suka dengan orang yang cerewet, kalau kamu cerewet kamu bakalan disuruh melakukan hal yang aneh-aneh, seperti: baca puisi, menyanyi, merayu senior, dll. Jika tidak ingin diperlakukan seperti itu, diam adalah solusi terbaik.

Penting!!! Beberapa sikap yang harus dimiliki mahasiswa baru

Kenali Kakak Senior Yang Baik

Saat ospek, sendirian merupakan hal yang berbahaya. Mengenali kakak senior yang baik merupakan salah satu cara agar aman saat ikut ospek. Apalagi kakak senior itu termasuk disegani di kampus, dia bisa jadi tempat kamu berlindung deh. Tapi jangan caper juga, orang caper itu keliatan dari gelagatnya. Woles aja bro.

Demikianlah tips aman saat menjalani ospek mahasiswa baru. Semoga tulisan tadi dapat membantu mahasiswa baru gambaran baru seputar ospek. Selamat mengikuti Ospek!