Tips Cara Efektif Belajar Menjelang Ujian SBMPTN 2018

0
106
Tips Cara Efektif Belajar Menjelang Ujian SBMPTN

Tiap orang punya gaya belajar yang berbeda. Gaya belajar itu tidak bisa dipaksakan dan tidak bisa meniru-niru. Ada orang yang suka belajar sambil mendengarkan musik, ada orang yang ketika belajar harus dalam keadaan tenang dan sepi, ada pula orang yang belajar harus berkelompok. Gaya belajar apapun itu semuanya baik.

Namun ada satu gaya belajar yang hampir dilakukan semua mahasiswa yaitu sistem belajar SKS (Sistem Kebut Semalam). Meskipun sudah tahu sistem SKS tidak bakal berjalan dengan baik namun masih banyak mahasiswa yang menganut gaya belajar yang satu ini.

Terus gimana sih cara biar dapat belajar dengan efektif menjelang ujian. Simak terus tulisan ini. Kalau ada yang kurang atau kamu ingin tambahin. Kasih di kotak komentar ya :)

1. Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar yang sama. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan tugas.

2. Bikin suasana belajar yang nyaman

Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

3. Review materi

Kalau sudah mengulang materi kuliah, jangan langsung tutup buku (atau binder saktimu). Tapi cobalah untuk berpikir lebih kritis dan analitis. Coba analisa teori-teori tersebut dengan pemahaman kamu sendiri. Then, you will find that you understand that lesson philosophically.

4. Catat pokok-pokok materi

Tinggalkan catatan kuliah yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap mata kuliah yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian. Come on man! Udah mahasiswa, saatnya melakukan sesuatu dengan lebih cerdas. :)

5. Membaca adalah kunci belajar

Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

6. Belajar untuk memahami

Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi kuliah.

7. Jangan lupa istirahat

Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.