Tips Memilih Dosen Pembimbing untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Tips Memilih Dosen Pembimbing untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Kamu sekarang sudah di ujung perkuliahan alias sedang skripsi, friends? kalau kamu saat ini sedang menuju atau sedang mengerjakan skripsi. Ada satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kesuksesan skripsi kita, yaitu dosen pembimbing. Dosen pembimbing dapat dikatakan orang yang paling penting di akhir masa perkuliahan.
Memilih dosen pembimbing pun jangan asal-asalan my friends. Kalau tidak skripsi anda bisa terbengkalai hingga lapuk di makan laron yang berkeliaran di tengah malam. Wkwkwk.
Berikut tips dari gw buat Anak Unsri dan mahasiswa semuanya, tipe-tipe dosen pembimbing dan cara mengatasinya:

1. Dosen Diktator

Dosen pembimbing tipe ini ingin skripsi kita seperti keinginan dia. Dia tidak segan-segan memarahi apabila skripsi kita tidak sejalan dengan keinginannya.
Cara menghadapinya: Kamu harus punya landasan teori yang kuat agar punya argumen yang cukup kuat untuk meng-counter omongannya. Karena itu kamu harus baca jurnal,text book, dll sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan skripsi kamu.

2. Dosen Inkonsisten

Tipe dosen pembimbing yang satu ini benar-benar bikin pusing. Bagaimana tidak, hari ini bilang A, besok B. Sudah ikutin yang B, malah bilang C. Kamu harus benar-benar tabah menjalani cobaan ini. :)
Cara menghadapinya: Selalu buat catatan atau progres report secara tertulis. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan setelah mulai mengerjakan skripsi dan dibilang ,”Tidak Ingat’. Kalau perlu rekam setiap perkataan dosen tersebut sebagai barang bukti.

3. Dosen Tukang Meremehkan

Jelas, tidak semua mahasiswa itu pintar. Ada kalanya mahasiswa yang masuk PTN itu karena keberuntungan. Kalau selama kuliah kamu merasa berat hingga nilai banyak jeblok dan bertemu dosen pembimbing tipe ini. Saran gw cuma satu : Kuatin mental dan kesabaran loe.
Cara menghadapinya : Kamu harus terus berjuang tanpa kenal menyerah. Siapa tahu setiap tetes keringat dan darah yang kamu keluarkan saat skripsi mampu meluluhkan’ tembok” keangkuhan dosen tersebut.

4. Dosen Seleb

Merasa seperti selebritis yang kerap tampil di infotainment, dosen pembimbing skripsi tipe ini susah sekali ditemui. Kalau kamu sudah minta bimbingan, bertemu dengannya mungkin lebih sulit daripada ketemu Nikita Willy.
Cara menghadapinya : Kamu harus terus bergerilya, seperti saat Indonesia dijajah Belanda. Cari tahu jadwal mengajarnya, tunggu waktu luangnya, bahkan cari kesempatan di sela kesibukannya. Kamu juga harus sering berkomunikasi dengannya dan minta jadwal bimbingan.

5. Dosen Moody

Terkadang ia begitu baik, kamu merasa bertemu dengannya laksana bertemu malaikat tanpa sayap. Di lain waktu, ia bisa kalap seolah-olah ingin menelan anda bulat-bulat.
Cara Menghadapinya : Kamu harus bertingkah seperti peramal. Artinya kamu harus belajar cara menerawang sikon dan suasana hati dosen pembimbing sebelum minta jadwal bimbingan.
Demikianlah tips dari gw, semoga bermanfaat buat Anak Unsri dan mahasiswa Indonesia. Hidup Mahasiswa!

Leave a Reply