Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Ala AnakUnsri.com

0
242
tips memilih jurusan kuliah yang tepat

Tiap tahun jumlah siswa lulus SMA yang akan masuk ke jenjang perguruan tinggi semakin banyak saja. Tentu itu membuat persaingan masuk perguran tinggi semakin sengit. Selain jumlah pesaing yang akan mengikuti SNMPTN yang semakin banyak, juga harus diperhatikan adalah jurusan yang akan dipilih oleh calon mahasiswa.

Tidak semua lulusan SMA akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, dan tidak semua yang mengikuti SNMTN bisa lolos seleksi. Nah, oleh karena itu saya akan memberi beberapa saran agar siswa tidak salah pilih jurusan kuliah. Karena kuliah merupakan tonggak penting dalam kehidupan kita.

Berikut adalah tips memilih jurusan kuliah yang tepat bagi lulusan siswa SMU:

1. Pilih jurusan berkualitas

Jurusan yang berkualitas akan mempengaruhi masa depan kamu. Soalnya jurusan yang sama dengan akreditasi yang berbeda turut mempengaruhi pandangan orang,dan terpenting jurusan dengan akreditasi yang baik lebih bernilai di mata perusahaan bila anda akan melaar kerja. Sebelum kamu memutuskan akan kuliah dimana, ada baiknya kamu cari dulu nilai akreditasi jurusan tersebut, semakin baik akreditasi jurusan tersebut, makan semakin baik kualitas jurusan tersebut. Nilai akreditasi jurusan biasanya berkisar dari A-C.

2. Pilih sesuai minat dan bakat

Bakat dan minat orang berbeda-beda. Ada orang yang suka bergaul dan berbicara di depan orang lain, ada pula yang lebih gemr berteman dengan komputer. Minat dan bakat sangat mempengaruhi masa kuliahmu. Orang yang kuliah tidak sesuai bakat dan minat biasanya akan cepat bosan dengan pelajaran yang berkaitan dengan jurusan tersebut. Tidak sedikit mahasiswa yang telat tamat atau bahkan DO hanya karena tidak memilih jurusan sesuai minat dan bakat.

3. Jangan ikut-ikutan

Untuk masalah jurusan kuliah, jangan pernah mengikuti orang lain. Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan kuliah hanya karena teman-teman mereka banyak ngabil jurusan tertentu, atau bahkan pacar mereka ambil jurusan tertentu. Pilihlah jurusan kuliah berdasarkan pertimbangan pribadi. Sikap yang ikut-ikutan ini tidak akan bertahan lama. Bila kau putus atau terpisah dengan teman kamu padahal kamu ikut-ikutan ambil jurusan tertentu, tentu kamu sendiri yang akan merasakan akibatnya.

4. Pilih yang fasilitasnya lengkap

Jurusan dengan akreditasi baik tapi minim fasilitas juga turut mempengaruhi kegiatan belajar mengajar mahasiswa. Kelengkapan fasilitas berbanding lurus dengan minat belajar mahasiswa. Saat kamu akan menentukan jurusan kuliahmu, ada baiknya kamu juga cari tahu kelengkapan fasilitas jurusan yang ingin kamu masuki. Cari tahu kelengkapan alat-alat yang kira-kira akan menjadi kebutuhan kamu saat kuliah nanti. Carilah kampus yang memiliki fasilitas terlengkap.

5. Sesuaikan dengan keuangan

Selain kamu harus mencari tahu info kampus yang kamu inginkan, kau juga harus tahu kemampuan keuangan orang tua kamu. Jangan sampai kamu memaksakan kehendak kamu untuk kuliah padahal keuangan orang tua tidak cukup. Pilihlah jurusan atau kampuas yang biaya kuliahnya masih terjangkau keuangan keluarga kamu.

6. Sesuai Cita-cita

Tujuan kuliah sebenarnya adalah untuk menggapai masa depan gemilang yang sesuai dengan impian dan cita-citamu. Jurusan kuliah yang kamu pilih harus sesuai dengan impian atau cita-cita kamu. Bila kamu ingin jadi dokter, jangan pilih jurusan pertanian. Itu tidak match dengan cita-citamu.

7. Prospek masa depan cerah

Pilihlah jurusan yang memiliki prospek yang bagus. Kamu tentu tidak mau dong kuliah kamu sia-sia karena jurusan kamu kurang bagus prospeknya. Karena ada beberapa jurusan yang kurang memiliki prospek yang bagus bagi lulusannya.

8. Doa

Jangan lupa berdoa untuk meminta petunjuk dari Tuhan karena Dia yang lebih tahu mana yang terbaik untuk kita.