by

20 Kata Motivasi Hidup dari Tokoh Terkenal, Bikin Semangat Hidupmu Membara

Sebagai manusia mungkin kita pernah mengalami titik lelah dan kehilangan semangat hidup. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang berada di kondisi tersebut.

Kurang bersemangat dan merasa lelah sebenarnya hal yang wajar. Namun jangan biarkan hal tersebut terjadi dalam waktu lama.

Ketika merasa kurang bersemangat, cobalah pahami diri sendiri dan cari akar masalahnya. Jika hal itu dipicu karena aktivitas fisik yang menguras tenaga, maka istirahatlah.

Namun ketika penyebabnya bukan karena lelah secara fisik, nampaknya Anda membutuhkan pemicu semangat dari hal lain.

Membaca buku atau kisah tokoh yang menginspirasi bisa menjadi solusinya.

Tokoh-tokoh hebat di luar sana, biasanya memberikan kata motivasi hidup yang bisa menjadi pecutan untuk kita.

Berikut ini kami kumpulkan beberapa kata-kata motivasi penuh makna dari tokoh terkenal di bidangnya.

Kata-kata Bijak Motivasi Hidup dari Pahlawan Nasional

1. “Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia” – Bung Karno

Siapa yang tidak kenal dengan Ir. Soekarno? Pejuang kemerdekaan yang sering disebut Bung Karno ini memang dikenal dengan sosok yang penuh semangat.

Banyak kata-kata yang beliau keluarkan dan sanggup membiat siapa saja yang mendengar terbakar semangatnya.

Salah satu kata motivasi hidup dari tokoh proklamator ini yaitu “seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia”.

Kalimat tersebut bermakna, bahwa pemuda memiliki peran besar dalam mengubah dunia. Maka sebagai pemuda, kita memiliki tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan dengan hal positif dan mengubah dunia dengan cara kita masing-masing.

2. “Kadang kita terlalu sibuk memikirkan kesulitan-kesulitan sehingga kita tidak punya waktu untuk mensyukuri rahmat Tuhan” – Jenderal Soedirman

Panglima besar Soedirman memberikan kata-kata motivasi hidup penuh makna yang mengajarkan pada kita bahwa dalam hidup kita harus selalu bersyukur.

Jangan habiskan waktu untuk meratapi kesulitan, namun luangkan waktu untuk mensyukuri pemberian Tuhan.

3. “Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang” – R. A. Kartini

Pahlawan emansipasi wanita tersebut juga turut menyumbangkan kata-kata motivasi hidup yang bisa menjadi pecutan semangat bagi kita semua.

Kalimat tersebut mengandung makna bahwa ketika memperjuangkan sesuatu, maka jangan mudah menyerah. Karena ketika berjuang tidak tuntas, maka penyesalan bisa saja didapatkan.

4. “Pada waktu kita khawatir, kita terkadang lebih percaya pada masalah kita dati pada janji Allah” – Cut Nyak Dhien

Pahlawan perempuan lainnya yang juga mengeluarkan kata-kata mutiara yaitu Cut Nyak Dien. Kalimat yang diucapkannya bisa menjadi pengingat bagi kita agar jangan terlalu mengkhawatirkan sesuatu. Karena hal tersebut bisa membuat kita melupakan janji Allah.

5. “Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan” – Sutan Syahrir

Kata motivasi hidup yang dikeluarkan oleh pahlawan nasional tersebut memiliki makna bahwa setiap bagian dari hidup harus diperjuangkan agar bisa menang.

Hal tersebut juga berlaku saat kita sedang menempuh pendidikan atau membangun karir. Ketika ingin sukses, maka kita harus berjuang semaksimal mungkin.

6. “Hanya dengan pendidikan kita akan tumbuh menjadi suatu bangsa” – Dewi Sartika

Saat mulai lelah dalam menimba ilmu, ingatlah bahwa ilmu merupakan jendela dunia dan pendidikan bisa mengantarkan pada kesuksesan dan kemakmuran bersama.

Begitulah kiranya pesan tersirat dari pejuang perempuan bernama Dewi Sartika.

7. “Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu” – R. A. Kartini

Kata motivasi hidup dari R. A Kartini lainnya mengajarkan pada kita bahwa setelah kesulitan pasti akan muncul kebahagiaan.

Maka dari itu, ketika menghadapi sebuah masalah jangan mengeluh dan tetap hadapi dengan penuh keikhlasan.

8. “Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri” – R. A. Kartini

Kalimat di atas memberikan peringatan kepada kita bahwa setiap tindakan yang kita lakukan akan memberikan dampak pada diri kita sendiri.

Termasuk jika kita bersikap buruk seperti sombong, maka kesombongan itu akan menjatuhkan kita secara perlahan. Namun sebaliknya ketika kita bersikap baik.

Maka kebaikan itu juga akan berbalik ke diri kita sendiri.