by

20 Kata Motivasi Hidup dari Tokoh Terkenal, Bikin Semangat Hidupmu Membara

Kata-kata Motivasi Hidup Islami

Beberapa tokoh Islam juga banyak yang memberikan motivasi melalui kalimat-kalimat penuh makna. Berikut ini kata-kata motivasi hidup islami dari tokoh-tokoh islam.

1. Dan jiwamu, jika tidak kau sibukkan di dalam kebenaran maka ia akan menyibukkanmu dalam kebathilan” – Imam Syafi’i

Imam Syafi’i merupakan ulama besar Islam. Kalimat-kalimat yang dikeluarkan bukan hanya petuah kebaikan namun juga mengandung motivasi hidup.

Dalam kalimat di atas memberikan motivasi kepada kita agar senantianya menyibukan diri dalam kebaikan. Maksudnya yaitu waktu yang kita miliki, sebaiknya digunakan untuk hal-hal yang baik.

2. “Barang siapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar, maka akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya” – Imam Syafi’i

Kata motivasi hidup dari Imam Syafi’i selanjutnya yaitu bermakan bahwa ketika kita enggan belajar, maka kita harus siap hidup dalam kebodohan.

Kalimat tersebut juga memberikan kita motivasi agar tidak lelah dalam belajar.

3. “Pendidikan melahirkan harapan baru” – Quraish Shihab

Quraish Shihab merupakan ulama Islam Indonesia yang terkenal.

Salah satu kata motivasi hidup yang pernah dikeluarkannya yaitu “pendidikan melahirkan harapan baru”. Maksudnya, ketika kita belajar atau menempuh pendidikan, kita akan mendapatkan harapan baru yang lebih baik.

4. “Biarlah orang mengenal kita dari akhlak dan karya kita” – Quraish Shihab

Kalimat tersebut memberikan motivasi kepada kita agar selalu bersikap baik dan melahirkan karya.

Kalimat motivasi tersebut juga bermakna bahwa kita tak perlu melakukan banyak sensasi untuk dikenal, cukup bersikap baik dan berkarya maka orang lain akan mengenal kita.

5. “Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga” – Abdurrahman Wahid

Ketika Anda sedang menyesali sesuatu yang pernah dilakukan, nampaknya kata-kata motivasi dari Gus Dur cocok untuk Anda.

Mantan Presidan Indonesia sekaligus ulama besar itu memberikan motivasi bahwa menyesali keadaan tidak akan mengubah apapun. Hanya karya dan kerja keras yang akan membuat diri kita menjadi berharga.

Maka dari itu, jangan lelah untuk bekerja dan melahirkan karya. Karena hal baik yang dikerjakan akan memberikan hasil terbaik juga.


Itulah beberapa kata motivasi hidup dari para tokoh terkenal. Kata-kata tersebut bisa menjadi pengingat sekaligus pembelajaran untuk kita agar senantiasa bersemangat dan ikhlas menjalani hidup.