by

3 HARI CAIR, 4 Syarat dan Cara Ajukan Pinjaman UMKM di Pegadaian 2021

-Finance-632 views

Pegadaian merupakan lembaga keuangan non bank yang berada dalam naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berdiri pada tanggal 1 april 1901.

Pegadaian terkenal dengan slogannya yaitu Mengatasi Masalah Tanpa Masalah yang terpampang jelas dalam brosur atau banner di Kantor-kantor pegadaian.

Ternyata slogan tersebut memang bisa memberikan solusi kepada masyarakat yang mengalami masalah keuangan dalam menjalani usaha.  Tidak heran jika pegadaian memiliki banyak peminat.

Menurut OJK-Pedia pegadaian memberikanan pinjaman uang kepada masyarakat dengan menerima barang sebagai jaminannya seperti emas, barang elektronik rumah tangga, sertifikat rumah, sertifikat tanah, Surat kendaraan dan lainnya.

Salah satu produk pegadaian yang dapat dimanfaatkan oleh pengusaha UMKM adalah produk kreasi pegadaian.

Produk kreasi pegadaian mikro adalah kredit yang diberikan kepada pengusaha UMKM dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan sistem fidusia atau jaminan gadai.

Sistem fidusia artinya peminjam memberikan Surat BPKB Kendaraan bermotor sebagai jaminan, sedangkan kendaraan tersebut masih dapat digunakan untuk bekerja atau usaha.

Peminjam dapat melakukan pinjaman maksimal adalah 10 juta ke bawah untuk jenis usaha ultra mikro dan melakukan angsuran perbulannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Cara Dapat KUR BRI Tanpa Agunan Hingga Rp 50 Juta, Peserta Terbatas!

1. Kriteria Jenis Usaha yang dapat Dibiayai Produk Kreasi

Salah satu syarat yang harus dimiliki adalah memiliki usaha, karena pembiayaan kreasi pegadaian ditujukan untuk membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Apakah semua usaha dapat dibiayai oleh produk kreasi pegadaian? Selama usaha tersebut memiliki izin dan legalitas maka dapat digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan pinjaman.

Jenis usaha yang dapat dibiayai oleh produk kreasi yaitu: