9 Fakta Unik Tentang Unsri yang Wajib Diketahui

Date:

Share post:

fakta unik seputar unsri

Gedung Kantor Pusat Administrasi UNSRI

Setiap universitas tentu memiliki sejarah dan keunikannya masing-masing. Begitu juga dengan Universitas Sriwijaya, yang menginspirasi lahirnya situs komunitas mahasiswa, AnakUnsri.com , memiliki beberapa fakta unik yang belum banyak diketahui oleh mahasiswa.

Berikut adalah beberapa fakta unik seputar kampus Unsri yang mahasiswa wajib ketahui.

1. Berdiri pada tahun 1960

Universitas Sriwijaya adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berdiri pada tanggal 29 Oktober 1960 berdasarkan keputusan Presiden No. 696/M tahun 1960. Universitas Sriwijaya diresmikan pada tanggal 3 November 1960 yang diresmikan langsung oleh Presiden Soekarno dan disaksikan oleh Menteri PPK (Mr.Priyono) dan beberapa duta negara dari negara tetangga. Hebat kan bro, kampusnya diresmikan langsung oleh Presiden RI pertama.

2. Dulunya Bernama Yayasan Perguruan Tinggi Sjakhjakirti

Sebelum bernama Universitas Sriwijaya, Unsri dulunya ternyata bernama “Yayasan Perguruan Tinggi Sjakhjakirti”. Yayasan Perguruan Tinggi Sjakhjakirti dikelola oleh sekelompok orang yang menamakan dirinya ‘Panitia Fakultet Ekonomi Sumatera Selatan’

3. Pembangunan Kampus Layo

Pembangunan kampus Indralaya dimulai pada tahun 1983 dengan bantuan dana Asian Development Bank (ADB). Pembangunan kampus baru ini dimulai pada tahun 1983 dengan bantuan dana Asian Development Bank (ADB), yang secara fisik baru dimulai pada tahun 1989 dan berakhir pada tanggal 31 Desember 1993.

4. Kuliah Perdana Kampus Indralaya

Gubernur Sumsel H Ramli Hasan Basri memberikan kuliah perdana menandai awal kegiatan akademik di kampus Inderalaya ini pd tgl 1 Sept 1993.

5. Indralaya sebagai Pusat Administrasi

Terhitung sejak tgl 1 Februari 1995 semua kegiatan administrasi & sebagian besar kegiatan akademik diselenggarakan di Kampus Inderalaya.

6. Unsri Indralaya Diresmikan Presiden Soeharto

Peresmian Kampus Unsri Indralaya yang sesungguhnya baru dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 1997 oleh Presiden Soeharto. Unsri Kampus Indralaya sendiri diresmikan beberapa bulan sebelum kerusuhan yang berakhir pada lengsernya hegemoni Pak Harto.

7. Luas Kampus

Luas Kampus Utama Inderalaya adalah 712 hektar dan Kampus Bukit Besar Palembang seluas 32,5 hektar. Kampus Indralaya sendiri termasuk salah satu Kampus terluas di Asia Tenggara karena luarnya sendiri mencapai 712 hektar.

8. Ekonomi Fakultas Tertua

Fakultas Ekonomi merupakan fakultas tertua di Universitas Sriwijaya. Penetapan Fakultas Ekonomi sebagai fakultas pertama yang didirikan merupakan hasil pemikiran sejumlah pemuka masyarakat yang kemudian dikenal sebagai “Panitia Fakultet Sumatera Selatan”.

9. Memiliki 10 Fakultas

Unsri mempunyai 10 fakultas (sampai saat tulisan ini ditulis). Dimulai dari Fakultas Ekonomi sebagai yang tertua, hingga Fakultas yang termuda yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Kalo ada temen-temen yang punya info lain tentang keunikan Unsri yang enggak ada di kampus lain. Bisa bagi pendapatnya di kolom komentar.

Artikel Terkait:

8 Kebiasaan Para Triliuner, Cobain Biar Bisa Ketularan Kaya!

Para triliuner dunia bukanlah spesies yang berbeda dengan kita semua, tapi bagaimana mereka bisa sukses? Berikut adalah delapan kebiasaan...

6 Langkah Siapkan Tabungan Hari Tua untuk Pensiun yang Sejahtera

Memiliki masa tua yang tenang dan sejahtera adalah mimpi banyak orang. Tidak ada orang yang menginginkan masa tua...

Syarat Klaim Asuransi Motor Akibat Kecelakaan Meskipun Masih Kredit

Kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Karena itu, selain harus berkendara dengan hati-hati, kamu juga...

7 Rekomendasi Tabungan Dana Pendidikan Anak & Berbagai Keuntungannya, Bunda Wajib Baca

Dana pendidikan anak adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan sejak dini, Bunda. Bukan tanpa alasan, hal ini...