fbpx

Awas Kena Tipu! Daftar Lengkap 151 Pinjol Ilegal yang Diblokir Kominfo dan OJK

Sebanyak 151 platform pinjaman online (pinjol) ilegal telah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Langkah ini menindaklanjuti temuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tergabung dalam Satgas Waspada Investasi.

Ratusan pinjol itu dinyatakan tidak berizin dan bisa berdampak buruk bagi masyarakat jika menggunakan layanan mereka. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, menyatakan pemerintah telah banyak melakukan pemberantasan, mulai dari pemblokiran hingga upaya penegakan hukum.

Menurut Semuel, kunci utama dan paling efektif untuk bisa memberantas pinjol ilegal harus dengan literasi kepada masyarakat. Sejak tahun Januari 2018 hingga Agustus 2021, Satgas sudah menutup sebanyak 3.515 pinjol atau fintech lending ilegal.

“Hal yang menjadi kunci utama dan paling efektif untuk bisa memberantas fintech lending ilegal ialah dengan literasi kepada masyarakat agar pasar dari para pelaku fintech lending ilegal akan hilang dengan sendirinya,” jelasnya dalam siaran pers Kominfo.

Sementara itu, Ketua Satgas Waspada Investasi OJK, Tongam L. Tobing, melihat perkembangan kegiatan pinjol ilegal sangat meresahkan karena di tengah pandemi COVID-19 masih ada penawaran pinjaman tanpa izin. Menurutnya, ada beberapa modus yang digunakan pinjol dan entitas tanpa izin untuk menjerat korban.

Artikel Terkait

- Advertisement -

Trending

- Advertisement -