by

Cara Dapat KUR Super Mikro Bank BRI 2021 , Tanpa Agunan dan Limit Rp 50 Juta Untuk Usaha Kecil-Kecilan

-Bansos, Finance-3,779 views

Bank BRI Merupakan salah satu lembaga penyalur pembiayaan KUR dari pemerintah pada tahun 2021. Pinjaman KUR Super Mikro ini diberikan tanpa menggunakan agunan atau jaminan dengan pengajuan yang mudah melalui online.

Seperti yang diketahui, para penerima BLT UMKM melalui program BPUM memang diarahkan untuk mengajukan pinjaman dengan bunga rendah melalui KUR Super Mikro dan Bank BRI merupakan salah satu bank yang menyediakan program tersebut.

KUR BRI tanpa agunan akan menyasar kepada sekitar 57 juta usaha ultra mikro yang minim akses pendanaan. Usaha Ultra Mikro artinya usaha mikro yang berada pada lapisan terbawah dan belum bisa mengajukan pinjaman KUR dari Bank, seperti penjual nasi uduk, pedagang gorengan dan usaha kecil lainnya yang belum bisa di fasilitasi jenis pinjaman dari Bank.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, saat ini baru sekitar 20 persen usaha ultra mikro yang memiliki akses pembiayaan dan berharap kedepannya bisa melayani masyarakat dengan biaya yang murah.

Selain itu BRI juga mendorong nasabah mikro dan kecil untuk naik kelas. Karena selama ini sekitar 5 juta pengusaha ultra mikro mencari sumber pendanaan dari loan shark atau rentenir dengan bunga tinggi, 7 juta dari kerabat, dan 18 juta lagi masih bingung harus kemana mencari pinjaman.

Oleh sebab itu dengan adanya program pinjaman uang dengan untuk pengusaha kecil dari Bank BRI dapat meningkatkan usaha mereka menjadi lebih besar.

Seperti dilansir dari Kontan dalam artikel menganai cara dan syarat dapat KUR BRI tanpa agunan secara online 2021, limit Rp 50 juta, mengatakan bahwa usaha ultra mikro berada di bawah usaha mikro, dengan ticket size-nya di bawah Rp 10 juta.

Artinya usaha kecil tersebut dapat melakukan pinjaman di bank BRI dengan pinjaman maksimal 10 juta rupiah. Lama waktu pinjaman bisa lebih pendek, karena banyak dari pelaku usaha ultra mikro kebutuhan pinjamannya harian.

1. Cara mendapatkan KUR BRI tanpa agunan

Setelah membaca penjelasan di atas, jadi mari kita bahas mengenai cara mengajukan pinjaman KUR BRI tanpa menggunakan agunan atau jaminan. Simak penjelasannya di bawah ini

Cara mengajukan KUR BRI tanpa agunan yaitu:

  • Kunjungi laman kur.bri.co.id
  • Pilih “Ajukan Pinjaman”
  • Login menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi jika sudah memiliki akun. Namun, jika belum memiliki akun di laman tersebut bisa memilih ” Daftar”.
  • Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik “Setuju”
  •  Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online. Di antaranya berisi tentang Profil Anda, Profil Usaha, Unggah Dokumen, dan Data Pengajuan.

2. Syarat Mengajukan KUR BRI tanpa agunan

Berdasarkan dari laman resmi BRI, berikut syarat pengajuan KUR BRI tanpa agunan 2021 untuk mendapatkan bantuan modal usaha kecil, mari kita simak syaratnya di bawah ini

Syarat mengajukan KUR BRI Tanpa agunan yaitu: