Daftar Pilihan Karir untuk Lulusan Matematika

Date:

Share post:

Apa yang akan kamu lakukan setelah lulus kuliah? Mayoritas mahasiswa akan menjawab akan bekerja, sedang sedikit dari mereka yang memutuskan untuk menjadi pengusaha. Tidak ada yang salah dengan pilihan ini. Keduanya punya tugas dan fungsi masing-masing di masyarakat.

Banyak pula mahasiswa yang kemudian bingung pekerjaan yang akan dipilih setelah tamat kuliah. Perasaan bingung dan tidak yakin kerap menghantui mahasiswa ketika sudah masuk ke dalam dunia kerja. Kali ini AnakUnsri.com akan membahas beberapa peluang kerja yang mungkin dapat dijadikan acuan mahasiswa ketika selesai kuliah. Dimulai dari sarjana Matematika. Peluang kerja apa saja yang cocok dengan lulusan jurusan ini.

Simak daftar peluang kerja untuk sarjana matematika:

Ahli Matematika

Untuk pilihan kerja yang satu ini memang sangat linear. Banyak pula beasiswa S2 & S3 ke luar negeri untuk lebih memperdalami ilmu matematika. Sebab matematika merupakan ilmu dasar dalam kehidupan. Nah, matematikawan sudah terbiasa bekerja dalam tekanan untuk memcahkan suatu masalah yang cukup rumit. Ahli matematika dapat bekerja menjadi dosen, ilmuwan baik itu di dalam maupun luar negeri, serta dapat juga menjadi konsultan ahli dalam berbagai bidang.

Aktuaris

Aktuaris adalah orang yang bekerja dengan asuransi. Mereka bekerja dalam banyak sektor di dunia asuransi terutama asuransi harga dimana mereka dapat membuat analisis tentang manajemen resiko dan analisis biaya. Pekerjaan ini sangat membutuhkan orang yang jago matematika.

Bisnis dan Manajemen

Matematikan merupakan salah satu bagian terpenting dari bisnis dan manajemen. Bisnis harus terus berhitung dan mengkalkulasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Nah, karir seperti ini cocok buat lulusan Matematika yang juga menyukai tantangan. Tentunya harus memiliki kemahiran dalam statistik dan analisis.

Pemerintahan

Believe it or not, lulusan matematika sangat dibutuhkan dalam pemerintahan. Karir lulusan jurusan matematika cukup krusial dalam menentukan kebijakan strategis negara. Hal ini disebabkan negara membutuhkan orang yang ahli menganalisis dan statistik dalam angka dan grafik untuk menunjukkan kebutuhan masyarakat.

Artikel Terkait:

8 Kebiasaan Para Triliuner, Cobain Biar Bisa Ketularan Kaya!

Para triliuner dunia bukanlah spesies yang berbeda dengan kita semua, tapi bagaimana mereka bisa sukses? Berikut adalah delapan kebiasaan...

6 Langkah Siapkan Tabungan Hari Tua untuk Pensiun yang Sejahtera

Memiliki masa tua yang tenang dan sejahtera adalah mimpi banyak orang. Tidak ada orang yang menginginkan masa tua...

Syarat Klaim Asuransi Motor Akibat Kecelakaan Meskipun Masih Kredit

Kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Karena itu, selain harus berkendara dengan hati-hati, kamu juga...

7 Rekomendasi Tabungan Dana Pendidikan Anak & Berbagai Keuntungannya, Bunda Wajib Baca

Dana pendidikan anak adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan sejak dini, Bunda. Bukan tanpa alasan, hal ini...