by

Daftar 18 Fakultas dengan 67 Program Sarjana di Universitas Gadjah Mada!

-Kampus-193 views

Hai! Siapa yang mau kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM)? Sudah cari tahu info jurusannya, belum? Kali ini Anak Unsri bakal membahas ke-67 Program Sarjana di Universitas Gadjah Mada dan apa aja sih yang bakal dipelajari di tiap-tiap jurusan. Stay tuned, ya!

Fakultas Biologi

Di Fakultas Biologi UGM ada prodi Biologi. Quipperian akan mempelajari kehidupan berbagai jenis organisme dan hubungannya dengan ekosistem. UKT-nya berkisar antara Rp 500 ribu sampai Rp 11 juta.

Fakultas Geografi

Fakultas Geografi UGM punya 3 prodi, yaitu Geografi dan Lingkungan, Kartografi dan Penginderaan Jauh, serta Pembangunan Wilayah. Umumnya di jurusan ini kamu akan belajar tentang bentang lahan dan segala fisik kebumian. UKT-nya antara Rp 500 ribu sampai Rp 6,5 juta.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

FMIPA UGM memiliki 7 prodi. Prodi Elektronika dan Instrumentasi (Elins) sangat cocok untuk kamu yang punya minat di bidang robotika juga perangkat sensor dan sistem cerdas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup (materi) dalam lingkup ruang dan waktu.

Geofisika mengkaji fenomena alam, pengukuran, karakteristik, dan penggunannya untuk mencari sumber daya alam dengan kaidah, prinsip, dan berbagai aspek dalam fisika. Kimia mempelajari sifat dan struktur zat serta interaksi yang terjadi antara materi-materi penyusun zat.

Kuliah di Ilmu Komputer identik dengan computer programming. Matematika, belajar berbagai teori matematika secara mendalam, seperti geometri, aljabar, dan matematika diskrit. Tapi, kalau Statistika, kamu akan fokus pada bagaimana mengumpulkan, menganalisa, dan menginterpretasi data.

UKT Elins, Fisikia, Geofisika, Kimia, Matematika, serta Statistika mulai 500 ribu sampai 7,5 juta. Sementara UKT Ilmu Komputer berkisar Rp 500 ribu sampai Rp 9,5 juta. Sedangkan IUP Ilmu Komputer Rp 23 juta dan IUP Kimia Rp 45 juta tiap semester.

Fakultas Farmasi

Fakultas Farmasi UGM memiliki prodi Farmasi dengan 4 peminatan. Di fakultas ini, kalian akan belajar cara menemukan senyawa kimia dan tanaman herbal untuk dikembangkan sebagai bahan obat, meracik obat-obatan, serta membuatnya agar tahan lama. UKT-nya antara Rp 500 ribu sampai Rp 12,5 juta.

Fakultas Kedokteran

Kenali 18 Fakultas dengan 67 Program Sarjana di Universitas Gadjah Mada!

FK UGM menawarkan 3 prodi. Pendidikan Dokter UGM memakai sistem blok dengan strategi problem based learning. Quipperian belajar cara menangani suatu kasus, melayani pasien, melakukan pemeriksaan, memberi pengobatan, juga menjelaskan suatu keadaan pada pasien dan keluarganya.

Ilmu Keperawatan fokus pada perawatan individu supaya bisa mencapai, mempertahankan, atau memulihkan kesehatan yang optimal juga kualitas hidupnya. Sementara Gizi Kesehatan mempelajari asuhan gizi pada berbagai kondisi. UKT Pendidikan Dokter antara Rp 500 ribu sampai Rp 22,5 juta, untuk kelas IUP Rp 40 juta. UKT Ilmu Keperawatan Rp 500 ribu sampai Rp 14.5 juta. Sedangkan Gizi Kesehatan Rp 500 ribu sampai Rp 10,5 juta.

Fakultas Kedokteran Gigi

FKG UGM punya 2 prodi. Di Pendidikan Dokter Gigi, Quipperian akan mempelajari kesehatan di daerah gusi dan gigi, juga pencegahan dan perawatan berbagai penyakit dan kelainan pada gigi juga mulut. Sedangkan Higiene Gigi fokus pada perawatan terhadap pasien pasca tindakan tertentu serta gimanamelakukan penyuluhan dan edukasi tentang kesehatan gigi kepada pasien.

UKT Pendidikan Dokter Gigi antara Rp 500 ribu sampai Rp 20 juta, sedangkan Higiene Gigi Rp 500 ribu sampai Rp 9,5 juta. Khusus Higiene Gigi hanya menerima mahasiswa lewat jalur UTUL UGM.

Fakultas Kedokteran Hewan

FKH UGM menawarkan prodi Kedokteran Hewan. Kamu akan mempelajari bagaimana pemeriksaan fisik dan laboratorik, diagnosis, melakukan penangan dan pengobatan pada hewan melalui identifikasi terhadap kondisi hewan atas suatu penyakit serta penularannya ke manusia. UKT-nya antara Rp 500 ribu sampai Rp 10 juta.

Fakultas Teknik

Kenali 18 Fakultas dengan 67 Program Sarjana di Universitas Gadjah Mada!

FT UGM punya 12 prodi. Arsitektur mempelajari desain bangunan dengan memperhatikan aspek keindahan, kekuatan, dan kegunaan. UKT-nya antara Rp 500 ribu sampaiRp 10,5 juta. Kalau Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), mempelajari perencanaan kota dan wilayah dengan mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik.

Teknik Geologi mempelajari gimana menemukan dan mengatur sumber daya alam yang terkandung di bumi serta penerapan rekayasa, lingkungan hidup, dan mitigasi bencana. Teknik Geodesi belajar cara melakukan pengukuran dan pengamatan posisi titik-titik pasti yang ada di atas muka bumi kemudian dilakukan pemetaan.

Di Teknik Fisika Quipperian belajar gejala-gejala fisika yang diaplikasikan pada ilmu dasar, terapan, dan pemanfaatan teknologi, mulai dari perencanaan, desain, sampai konstruksi atau manajemen alat berat. Teknik Nuklir, belajar mencari solusi atas masalah limbah nuklir dan keterbatasan bahan bakar nuklir. UKT PWK, Teknik Fisika, Teknik Geodesi, Teknik Geologi, dan Teknik Nuklir adalah Rp 500 ribu sampai Rp 10 juta.

Teknik Sipil membahas teknologi perancangan, pembangunan, pemeliharaan, dan renovasi suatu bangunan. Kalau Teknik Industri, Quipperian belajar cara merancang, mengelola, mengembangkan serta menerapkan berbagai elemen menjadi sebuah sistem dalam lingkup yang berkaitan dengan fungsi pabrik. Teknik Mesin secara umum mempelajari perancangan, pengembangan, dan pengelolaan mesin.

Di Teknik Elektro, Quipperian belajar sifat-sifat elektron dan aplikasinya di kehidupan sehari-hari. Teknologi Informasi membahas mengenai data dan informasi mulai dari proses pengumpulan, penyiapan, pengolahan, penyimpanan, pencarian, penyajian dan pendistribusiannya.

Teknik Kimia mempelajari rekayasa untuk menghasilkan sesuatu (produk) yang bisa dipakai untuk membantu manusia berlandaskan pengetahuan ilmu kimia, seperti perancangan pabrik. UKT Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknologi Informasi, dan Teknik Kimia antara Rp 500 ribu sampai Rp 10,9 juta.

Fakultas Kehutanan

Fakultas Kehutanan punya prodi Kehutanan dengan 4 peminatan. Di sini, Quipperian akan belajar teknik pengelolaan hutan secara lestari dan berbasis ekosistem, pemanfaatan dan pengembangan hutan yang optimal dan berkelanjutan, juga metode rehabilitasi dan koservasi hutan. UKT-nya antara Rp 500 ribu sampai Rp 8,5 juta.

Fakultas Pertanian

Faperta UGM memiliki 10 prodi. Agronomi mempelajari cara menanam agar hasilnya optimal. Kalau Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan secara spesifik belajar cara menangani serta mencegah macam-macam hama dan penyakit yang menyerang pada berbagai usia tanaman.

Prodi Mikrobiologi Pertanian belajar cara mempermudah kerja akar dalam mengambil unsur hara dari tanah. Ilmu Tanah mempelajari kandungan-kandungan tanah yang berhubungan sama tumbuh tanaman, lapisan tanah, dan sebagainya.

Jika Quipperian ambil Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, kamu akan jadi perpanjangan tangan Dinas Pertanian. Quipperian akan mewadahi keluhan gabungan kelompok tani, mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi, sekaligus jadi pengawas. Sedangkan Agribisnis mempelajari gimanacaranya supaya produsen bisa efisien dari hulu sampai hilir juga teknik pemasaran.

Budidaya Perikanan identik dengan teknik budidaya. Quipperian akan belajar teknologi dan manajemen pembenihan serta pembesaran ikan, jenis-jenis pakan ikan, pencegahan dan penanganan hama maupun penyakit, juga perencanaan usaha budidaya perikanan air tawar, payau, dan laut.

Manajemen dan Sumber Daya Perikanan mempelajari cara menjaga kelestarian sumber daya perikanan, mengembangkan pengelolaan perairan dan perikanan, teknik kelautan dan juga pemanfaatan sumber daya hayati perairan secara rasional.

Kalau ambil Teknologi Hasil Perikanan, kamu belajar berbagai macam teknologi untuk mengelola hasil perikanan agar memiliki nilai tambah dan berguna bagi kehidupan manusia. UKT semua prodi di Faperta antara Rp 500 ribu sampai Rp 9 juta.

Fakultas Peternakan

Fapet UGM menawarkan prodi Ilmu dan Industri Peternakan dengan 4 konsentrasi, yaitu nutrisi dan makanan ternak, produksi ternak, sosial ekonomi peternakan, serta teknologi hasil ternak. UKT-nya mulai Rp 500 ribu sampai Rp 8,5 juta.

Fakultas Teknologi Pertanian

FTP UGM terdiri dari 3 prodi. Teknik Pertanian mengkaji ilmu pertanian dengan melakukan rekayasa atau transformasi sumber daya alam secara efisien dan efektif. Teknologi Industri Pertanianmempelajari cara mengintegrasikan gatra manajerial, rekayasa, dan teknologi proses produksi dari suatu sistem agroindustri secara optimal.

Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian mempelajari proses pengolahan bahan pangan pasca panen menjadi makanan yang bisa dimakan. UKT semua prodi di FTP antara Rp 500 ribu sampai Rp 9,5 juta.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

FEB UGM punya 3 prodi. Secara umum, Akuntansi mempelajari pencatatan keuangan, perpajakan, audit, sistem informasi. Manajemen mempelajari bagaimana mengelola perusahaan baik dalam aspek finansial, operasional, promosi, maupun mengatur struktur organisasi perusahaan.

Ilmu Ekonomi tidak terbatas pada maksimisasi profit dan minimisasi biaya tapi juga pengambilan keputusan yang rasional, efektif, dan efisien. UKT semua prodi di FEB antara Rp 500 ribu sampai Rp 9 juta, khusus kelas IUP Rp 30 juta.

Fakultas Hukum

Fakultas Hukum menawarkan prodi Ilmu Hukum. UKTnya berkisar Rp 500 ribu sampai Rp 8,5 juta, sedangkan kelas IUP Rp 25 juta per semester.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

FISIPOL UGM memiliki 6 prodi. Ilmu Hubungan Internasional (HI) mempelajari hubungan antar negara, politik dan keamanan global, perdamaian dan konflik, serta ekonomi politik dan pembangunan internasional. Jika Quipperian kuliah di Ilmu Komunikasi, kamu belajar public relations, periklanan juga komunikasi media dan jurnalisme. UKT HI dan Komunikasi UGM antara Rp 500 ribu sampai Rp 6,5 juta. Kelas IUP HI per semesternya 25 juta.

Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP/Ilmu Administrasi Negara) mempelajari bagaimana mengelola dan menyusun kebijakan di organisasi sektor publik, baik dalam lingkup pemerintahan maupun swasta. Politik dan Pemerintahan (Ilmu Pemerintahan) mempelajari teori dan praktik politik, sistem politik, dan perilaku politik. UKT MKP serta Ilmu Pemerintahan adalah Rp 500 ribu sampai Rp 6 juta. Kelas IUP MKP tiap semesternya Rp 25 juta.

Sosiologi mengkaji beragam sosiologi pembangunan, perkotaan, pedesaan, pendidikan, gender, dan sebagainya. Kalau Ilmu Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (Sosiatri), Quipperian belajar teori kebijakan sosial dan pengembangan masyarakat, proses penyusunan strategi, implementasi, evaluasi dan monitoring kebijakan sosial dan pengembangan masyarakat. UKT Sosiologi dan Sosiatri antara Rp 500 ribu sampai Rp 5,5 juta.

Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi hanya terdiri dari prodi Psikologi. Quipperian akan mempelajari bagaimana manusia perilaku juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik tindakan seseorang. UKT program reguler antara Rp 500 ribu sampai Rp 9 juta. Sedangkan kelas IUP Rp 20 juta per semester.

Fakultas Ilmu Budaya

FIB UGM punya 11 prodi. Kalau kuliah di Antropologi, Quipperian akan mempelajari budaya antarbangsa juga kemajemukan kehidupan masyarakat. Arkeologi, mempelajari sejarah kebudayaan material dan berbagai benda-benda peninggalan masa lampau. Ilmu Sejarah belajar segala hal yang berkaitan dengan sejarah, mulai dari geografi sejarah, sejarah kerajaan nusantara, sejarah dunia, dan sebagainya.

Pariwisata mempelajari gimana mengambil keputusan terkait kebijakan pariwisata, terutama manajemen pariwisata dan akomodasi. Di Sastra Indonesia kamu akan mangkaji berbagai karya baik dari aspek linguistik ataupun sastra Indonesia. Lain halnya Sastra Nusantara yang mempelajari norma dan kaidah dasar pengkajian sastra, bahasa, serta filologi Nusantara.

Prodi Sastra Inggris tidak hanya belajar bagaimana berkomunikasi dengan Bahasa Inggris lho, tapi juga kebudayaan negara-negara di mana Bahasa Inggris adalah bahasa ibu. Sastra Perancis, belajar bahasa dan kesusasteraannya juga budayanya. Sastra Jepang mempelajari bahasa dan seluruh aspek dalam kebudayaan Jepang.

Di Sastra Arab, Quipperian belajar sastra, bahasa, budaya, dan sejarah Arab. Kalau Bahasa Korea, selain mempelajari bahasa, kamu juga akan belajar budaya, sastra, sejarah, perekonomian Korea. UKT semua prodi di FIB UGM antara Rp 500 ribu sampai Rp 7 juta.

Fakultas Filsafat

Fakultas Filsafat menawarkan prodi Ilmu Filsafat. Quipperian akan belajar cara berpikir kritis dan runtut sesuai dengan nalar. Selama kuliah, kamu akan banyak memakai teori-teori sosial untuk memformulasikan pendapat. UKT-nya antara Rp 500 ribu sampai Rp 5,5 juta. (Sumber)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *