fbpx

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Sosok Terkenal ini PNS Pertama di Indonesia

Pembukaan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPSN) 2021 diserbu jutaan orang. Saat ini, para pelamar masih mengikuti tes tahap pertama untuk bersaing mendapatkan profesi impian. Bicara soal profesi PNS, tahukah kamu siapa orang Indonesia pertama yang menjadi PNS?

Menarik untuk diketahui, Ternyata, PNS yang pertama di Indonesia adakah Sri Sultan Hamengkubuwono IX dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) 010000001.

Hal ini diketahui dari unggahan akun Twitter resmi Pemerintah Daerah Yogyakarta, @humas_jogja. Pada 29 November 2019 yang lalu, tepatnya saat HUT Korpri 48, akun ini mengunggah gambar kartu keanggotaan PNS milik Sri Sultan

“Tahukah sedulur, bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah PNS pertama di Indonesia dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) 010000001,” tulis @humas_jogja dalam unggahannya.

Dalam gambar terdapat foto Sri Sultan serta beberapa data lainnya, mulai dari NIP, nama, tanggal lahir, hingga tahun jadi pegawai. Dalam foto kartu keanggotaan ini tertulis Sri Sultan menjadi PNS sejak tahun 1940.

Artikel Terkait

- Advertisement -

Trending

- Advertisement -