Tips Penting Agar Tidak Salah Memilih Jurusan Kuliah!

Date:

Share post:

Hai Unsriers, yang baru saja lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Pasti kamu tengah disibukkan dengan persiapan dunia perkuliahan kan? Apakah kamu sudah tahu akan memilih jurusan apa ketika kuliah nanti?

Karena, di dunia perkuliahan kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan jurusan. Pilihan jurusan untuk kuliah ini sangat penting, Gooders! Karena kamu akan menghabiskan waktu sekitar 4 tahun untuk S1 dan 3 tahun untuk D3 dalam mempejari bidang tersebut.

Nah, jangan sampai pilihan kamu ini hanya karena terbawa arus semata. Karena jika itu memang tidak sesuai dengan diri kamu, bisa jadi kamu kuliah dengan malas-malasan tanpa semangat.

Selain membuang uang dan tenaga, hal ini tentu saja akan membuang waktu kamu. Nah, kamu perlu tahu hal-hal berikut ini agar meminimalisir salah jurusan ketika kuliah!

Renungkan Apa Hal yang Kamu Sukai

mahasiswa ganteng korea

(www.tipspernikahan.com)

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah merenungkan apa saja hal-hal yang selama ini kamu sukai. Yakni hal-hal yang jika kamu berkecimpung di dalamnya tidak akan pernah merasa bosan walau banyak tantangan di dalamnya. Lalu coba cari informasi tentang jurusan yang dapat menyalurkan kesukaan kamu tersebut. Karena dengan mempelajari hal yang kamu sukai, maka akan meminimalisir tingkat kebosanan dan malas kamu selama di dunia perkuliahan.

Pikirkan Apa yang Menjadi Cita-Cita mu

mahasiswa ganteng indonesia

(anakunsri.com)

Pikirkan kembali apa yang sebenarnya menjadi cita-citamu selama ini. Cita-cita kamu bisa menjadi pertimbangan untuk memilih jurusan kuliah. Karena cita-cita kita biasanya adalah perpaduan antara minat dan kemampuan kita dalam suatu bidang. Jadi, pikirkan lagi tentang cita-cita kamu ya, Gooders!

Apa Bidang yang Kamu Kuasai

mahasiswa ganteng

(www.gelorasriwijaya.com)

Yap, setiap orang pasti memiliki keahliannya masing-masing. Setiap orang pasti memiliki bidang yang paling dia kuasai. Jika kamu sulit menemukan bidang apa yang paling kamu kuasai. Coba tanyakan kepada orang lain tentang kemampuan apa yang paling menonjol pada diri kamu. Serta pendapat mereka tentang hasil kerja kamu.

Apa Kemampuan yang Ingin Kamu Kembangkan

(greget.co)

Nah, setelah kamu tahu tentang apa hal yang kamu sukai, tentang cita-citamu, dan tentang bidang yang kamu sukai. Hal yang perlu kamu tahu juga adalah kemampuan apa yang paling ingin kamu kembangkan. Hal inilah yang akan membantu kamu memilih jurusan di masa kuliah nantinya. Karena, pasti kamu akan lebih semangat untuk belajar jika memang ingin mengembangkan kemampuan tersebut kan?

Bagaimana sobat? Masih galau dengan jurusan yang harus kamu ambil ketika kuliah?

Artikel Terkait:

8 Kebiasaan Para Triliuner, Cobain Biar Bisa Ketularan Kaya!

Para triliuner dunia bukanlah spesies yang berbeda dengan kita semua, tapi bagaimana mereka bisa sukses? Berikut adalah delapan kebiasaan...

6 Langkah Siapkan Tabungan Hari Tua untuk Pensiun yang Sejahtera

Memiliki masa tua yang tenang dan sejahtera adalah mimpi banyak orang. Tidak ada orang yang menginginkan masa tua...

Syarat Klaim Asuransi Motor Akibat Kecelakaan Meskipun Masih Kredit

Kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Karena itu, selain harus berkendara dengan hati-hati, kamu juga...

7 Rekomendasi Tabungan Dana Pendidikan Anak & Berbagai Keuntungannya, Bunda Wajib Baca

Dana pendidikan anak adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan sejak dini, Bunda. Bukan tanpa alasan, hal ini...