Wow, Universitas Thailand Kembangkan Alat Anti Nyontek

Date:

Share post:

Universitas di Thailand uji coba alat anti-nyontek . Kebiasaan mencontek tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa Indonesia, di negara tetangga Thailand fenomena nyontek juga merupakan kebiasaan yang ingin disingkirkan dari sistem pendidikan disana. Banyak pemerhati pendidikan percaya terlalu sering mencontek dapat menurunkan kemampuan daya ingat dan kepercayaan diri mahasiswa.

Universitas Kasetsart, Thailand, salah satu universitas terbaik di negeri tersebut menguji coba alat unik yang dinamakan alat anti-mencontek. Diharapkan dengan adanya alat ini mahasiswa dapat lebih fokus dan konsentrasi saat ujian ketimbang berusaha untuk mencontek.

Alat anti contek saat ujian ini bentuknya seperti ‘penghalang mata’.  Alat ini sangat sederhana. Dibuat dari dua kertas berukuran A4 yang ditautkan ke sebuah pengikat kepala. Alat anti-menyontek itu kemudian dikenakan 100 mahasiswa yang tengah menjalani ujian.

Ide ini datang dari seorang profesor dari sebuah universitas kenamaan di Thailand tersebut yang sangat prihatin dengan “hobi” menyontek para mahasiswa Thailand.

Namun, saat foto para mahasiswa Universitas Kasetsart yang mengenakan alat anti-menyontek itu muncul di jejaring sosial, maka kebijakan itu menjadi bahan “tertawaan” media massa Thailand.

Kontroversi media ini membuat pihak universitas menghentikan untuk sementara kebijakan itu. Sementara, dosen yang memiliki ide ini terpaksa menjelaskan masalah ini kepada masyarakat lewat sejumlah televisi.

“Kebijakan itu sebenarnya untuk bersenang-senang, rileks, dan humor. Saya ingin mahasiswa merasa santai saat menjalani ujian,” kata profesor Nattadon Rungruangkitrai. Dosen berusia 40 tahun itu mengatakan ide tersebut muncul saat berdiskusi dengan sejumlah mahasiswa pekan lalu terkait cara mencegah praktik menyontek.

“Ini adalah sebuah uji coba dan sudah disepakati antara saya dan para mahasiswa, dan mereka menyukainya,” tambah Nattadon.

 

Para mahasiswa, lanjut Nattadon, malah menganggap “penghalang mata” itu bisa mengurangi stres saat menjalani ujian dan membantu meningkatkan konsentrasi.

“Secara alami, mahasiswa senang membantu temannya dengan cara membiarkan kawan mereka menyontek,” kata seorang pakar pendidikan Thailand dari Universitas Chulalongkorn, Somphong Chitradub.

“Namun, mereka harus belajar menghargai diri mereka sendiri dan sadar bahwa berkompetisi dengan menyontek bukanlah sebuah hal yang membanggakan,” tambah Somphong.

Ada-ada saja ide orang Thailand ini. Biarpun sederhana, namun idenya untuk membasmi kebiasaan nyontek patut dipuji. Boleh juga nih kapan-kapan diterapin buat anak Unsri :D

Artikel Terkait:

8 Kebiasaan Para Triliuner, Cobain Biar Bisa Ketularan Kaya!

Para triliuner dunia bukanlah spesies yang berbeda dengan kita semua, tapi bagaimana mereka bisa sukses? Berikut adalah delapan kebiasaan...

6 Langkah Siapkan Tabungan Hari Tua untuk Pensiun yang Sejahtera

Memiliki masa tua yang tenang dan sejahtera adalah mimpi banyak orang. Tidak ada orang yang menginginkan masa tua...

Syarat Klaim Asuransi Motor Akibat Kecelakaan Meskipun Masih Kredit

Kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Karena itu, selain harus berkendara dengan hati-hati, kamu juga...

7 Rekomendasi Tabungan Dana Pendidikan Anak & Berbagai Keuntungannya, Bunda Wajib Baca

Dana pendidikan anak adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan sejak dini, Bunda. Bukan tanpa alasan, hal ini...